Silahkan tunggu dalam 15 detik.

Download Timer

Kamis, 26 April 2012

Ciri-Ciri Blog atau Situs yang Tidak Disukai Pengunjung

Tanpa kita sadari mungkin kita melakukan hal terhadap blog kita yang membuat dibenci oleh pengunjung. Dengan melakukan hal tersebut secara berkelanjutan bukan tidak mungkin blog kita akan ditinggalkan oleh pengunjung setia kita. Oleh karena itu, dalam postingan kali ini saya akan mencoba mengemukakan ciri blog yang dibenci oleh pengunjung, dengan harapan jika kita melakukannya, kita akan segera bisa mengoreksinya demi kebaikan blog kita. Semua yang saya kemukaan nantinya merupakan ciri blog yang dibenci pengunjung versi sobatPC dot com. Jika ada yang kurang sesuai saya mohon maaf.

Ciri blog yang dibenci pengunjung yang akan saya tuliskan merupakan hasil pengamatan saya pribadi. Tetapi kemungkinan anda juga akan setuju, kareana semuanya saya ambil secara global dan tidak memihak. Bahkan mungkin blog saya sendiri juga masuk ke dalam salah satu point yang dibenci oleh pengunjung (he…tidak apalah), yang penting ngblog terus sambil memperbaiki kekurangan yang ada dalam blog.

OK, tidak perlu panjang lebar lagi. Berikut ini ciri blog yang dibenci oleh pengunjung versi sobatPC:

    Waktu loading halaman terlalu lama
    Maksimal waktu loading sebuah halaman blog/web adalah 15 detik, lebih dari itu kemungkinan besar akan ditutup oleh calon pengunjung. Ada banyak penyebab lamanya loading halaman anda, bisa karena plugin yang terlalu banyak, gambar yang terlalu banyak, thema yang kurang sesuai, terlalu banyak animasi, format gambar yang tidak sesuai, halaman yang terlalu panjang, dan penyebab-penyebab lainnya. Silahkan diagnosa sendiri untuk mencari penyebabnya, setelah ditemukan segera atas agar masalah tersebut tidak terlalu lama “mangkal” di blog anda

    Adanya pop up iklan
    Hal ini juga akan sedikit membuat pengunjung benci, bukan karena isi iklannya, tetapi karena mereka terganggu dengan munculnya pop up iklan tersebut, apalagi jika pop up iklan tersebut menutupi hampir semua halaman blog, mereka jelas akan terganggu dalam mendapatkan informasi yang dicari

    Banyak iklan sedikit kontent
    Yang ini juga hampir sama dengan point kedua, selain membuat pengunjung “muak”, banyak iklan juga akan membuat loading halaman menjadi lama. Disamping itu jika pengunjung hanya mendapati iklan saja, tetapi tidak mendapatkan artikel yang dicari, dijamin pengunjung tersebut hanya akan datang satu kali saja ke blog tersebut dan kapok untuk datang lagi.

    Terlalu banyak berjualan/menjual
    Hal ini memang sah-sah saja, bahkan saya tidak menutupi dan akui hampir sebuah blog dibuat dengan tujuan menjual (termasuk blog saya juga kali….). Tapi walaupun tujuaanya menjual, jangan terus menawarkan ini itu dengan blak-blakan. Jangan terlalu banyak menawarkan barang dagangan dalam kontent blog. Isi saja kontent blog yang bagus dan berbobot, maka dagangan akan laku tanpa anda menawarkannya.

    Tidak mau modal dalam membuat blog bisnis
    Ini yang kadang membuat geli pengunjung. Pasalnya banyak ditemukan blog bisnis online yang gak mau modal alias gratisan. Masa orang mau jualan kok gak mau modal. Pasti banyak pengunjung yang bilang “Ini orang mau jualan kok gak mau modal”. Modal seperti apa yang dimaksud ? Modal untuk semuanya. Saya kasih satu contoh kecil saja adalah penggunaan domain dan hosting. Untuk bisnis online usahakan mempunyai nama domain dan tempat hosting sendiri. Dengan mempunyai domain di level 1 bisnis anda akan terkesan profesional. Jangan gunakan domain dan hosting dari penyedia layanan gratis, karena anda hanya akan mendapatkan nama domain level 2 (namadomain.xxxxxx.com)

    Postingan terlalu singkat atau terlalu panjang (kalo yang ini memang tergantung pengunjungnya) tapi saya pribadi lebih suka membaca postingan yang sedikit panjang, karena akan mendapatkan penjelasan yang lumayan gamblang. postingan ideal berkisar antara 500-750 kata. Postingan yang terlalu panjang juga akan membuat pengunjung menjadi bosan dalam membacanya.

Itu dulu yang bisa saya sharing berkaitan dengan ciri blog yang kurang disukai pengujung, semoga bisa menjadi inspirasi buat sobat semua dalam kegiatan ngeblog. Sekali lagi beberapa ciri diatas saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, jadi kemungkinan ada yang tidak sependapat dengan saya. Atau ada sobat yang ingin menambahkan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar