Silahkan tunggu dalam 15 detik.

Download Timer

Sabtu, 28 April 2012

Google Luncurkan Google Drive


Google Luncurkan Google Drive - Seakan tidak pernah habis Ide-ide yang di buat oleh Google. kali ini Google  resmi luncurkan layanan penyimpanan berbasis teknologi awan (cloud) Google Drive. Layanan ini akan berintegrasi dengan Google Docs dan memungkinkan pengguna untuk mengakses file atau dokumen dari manapun dan mengerjakan dokumen bersama rekan kerja dalam waktu bersamaan.
Google Docs, seperti diumumkan melalui blog resmi Google, Selasa (24/3), kini dibangun langsung ke Google Drive. Ini artinya pengguna, secara real time dapat mengerjakan dokumen, spreadsheet dan presentasi bersama rekan kerja. 
Setelah berbagi konten dengan orang lain, pengguna juga dapat menambah atau membalas komentar mengenai dokumen yang baru saja dikerjakan bersama, begitu juga sebaliknya. Sebuah notifikasi akan memberitahu pengguna jika ada komentar komentar masuk.
Salah satu fitur menarik dari layanan ini adalah tagging atau penandaan pintarnya. Pengguna bisa menandai item yang tersimpan di loker penyimpanan untuk memudahkan pencarian dokumen atau foto, saat mengetik kata kunci yang berhubungan. 
Soal harga, layanan Google Drive juga terbilang murah dibandingkan iCloud dari Apple dan Amazon Cloud Drive dari Amazon. Sama seperti iCloud dan Amazon Cloud Drive, Google Drive menyediakan memori gratis berkapasitas 5GB.

Untuk pemakaian memori di atas itu, Google menawarkan harga sebesar USD30 per tahun untuk kapasitas 25GB dan USD60 per tahun untuk 100GB.

Lebih murah ketimbang tarif yang dipatok Apple untuk layanan iCloud, yaitu USD40 per tahun untuk 20GB dan USD100 per tahun untuk 50GB.Untuk pemakaian sebesar 100GB, harga layanan Google Drive juga lebih murah ketimbang Amazon yang menawarkan tarif sebesar USD100 per tahun. (Mashable/MI/Wrt3)

Tak hanya itu, Google Drive juga sudah mengadopsi teknologi Optical Character Recognition (OCR) atau fitur pengenal teks pada dokumen yang di-scan (pindai). 
Pengguna juga tak perlu lagi repot menginstall banyak software pada perangkatnya. Karena Google Drive memungkinkan segala macam jenis file, misalnya file dengan format PSD (photoshop) atau HD Video dibuka melalui peramban (browser).
Sebagai promosi, Google menawarkan pengguna kapasitas penyimpanan gratis hingga 5 gigabit. Jika ingin lebih dari itu, pengguna harus sedikit merogoh kantong. 
Upgrade untuk kapasitas 25 gigabit dikenakan biaya 2, 49 dolar AS (Rp 23 ribu) per bulan. Sementara untuk menikmati kapasitas 100 gb atau 1 terabit, Google menyediakannya dengan harga masing masing 4,99 dolar (Rp 45 ribu) dan 49, 99 dolar (Rp 459 ribu) per bulannya.


Sumber: republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar