Kamis, 10 Mei 2012

10 fakta tentang rambut

1. Rambut dan kuku, keduanya terbuat dari sejenis protein yang disebut keratin, yang mengandung banyak asam amino yang disebut sistein. Semua sistein ini adalah salah satu alasan utama mengapa keratin begitu kuat. Selain rambut dan kuku, ada juga banyak keratin dalam kulit.

2. Sistein juga alasan mengapa Anda dapat mengeriting atau meluruskan rambut secara kimia - reaksi kimia yang terjadi disebut reaksi redoks. Sistein adalah salah satu hal yang memberikan bentuk dan tekstur pada rambut.

3. Pengering rambut alias hair dryer mengatur rambut dengan mengubah ikatan hidrogen yang juga membantu memberikan bentuk pada rambut. Sayangnya, air juga baik untuk membentuk ikatan hidrogen, sehingga sedikit kelembaban bisa mengacaukan kerja keras Anda.


4. Rambut secara teknis mati. Satu-satunya yang hidup adalah kulit kepala. Inilah mengapa "memberi makan" rambut vitamin dan asam amino umumnya tidak akan bekerja.

5. Kebanyakan produk shampoo bersifat sedikit asam. Dan produk pH rendah membantu menutup kutikula rambut dan membuat rambut Anda halus, mengkilap dan tidak mudah rusak.

6. Trikotilomania adalah gangguan psikologi ketika Anda memiliki keinginan tak tertahankan untuk menarik rambut dari bagian-bagian tubuh Anda sendiri, termasuk bulu mata dan alis. Ini jauh lebih umum pada anak perempuan daripada anak laki-laki, dan biasanya terkait dengan stres.

7. Rambut tumbuh dengan laju sekitar 1,25 cm atau 0,5 inci setiap bulan. Rambut yang sangat panjang memerlukan waktu sekitar 7 tahun.

8. Rambut memiliki tekstur kebalikan dari kelihatannya. Jika Anda melihat melalui mikroskop, rambut lurus bertekstur bulat, dan rambut keriting bertekstur lonjong pipih.

9. Pusaran spiral pada rambut yang berada dipusat kepala (masyarakat awam menyebutnya ‘unyeng’unyeng’), sebuah penelitian terhadap 50 pria ditemukan bahwa 23% memiliki spiral yang searah jarum jam, sementara hanya 8% dari total populasi yang memiliki ulir berlawanan.

10. Salah satu penyebab utama ketombe adalah jamur yang disebut Malassezia globosa. Banyak shampoo anti-ketombe yang bekerja dengan membunuh jamur tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar