Senin, 07 Mei 2012

Bagaimana Cara Mengambil Keputusan ?

Sahabat, setiap kali kita membuka mata dipagi hari dan melangkahkan kaki untuk pertama kali pagi itu, kita dihadapkan pada pengambilan keputusan. Keputusan yang kita ambil akan berpengaruh kepada apa yang akan kita capai sepanjang hari itu.

Pada gambaran yang lebih besar, setiap keputusan yang kita ambil, akan mempengaruhi kehidupan kita di masa yang akan datang:

- kualitas hidup pribadi,
- maju mundurnya karir,
- keberhasilan hidup berkeluarga,
- .. dll

Harus diakui bahwa memutuskan sesuatu yang penting bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tapi hal itu tak berarti kita 'diperbolehkan' untuk menghindarinya!

Saya harap beberapa point di bawah ini, cukup berguna bagi Anda, dalam usaha pengambilan keputusan. Anda dapat mempergunakannya dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan berkeluarga, .., bahkan dalam bisnis.

***

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah: berdoa!
Mohonlah pimpinan Roh Kudus agar Anda selalu diberi pikiran jernih dan hati yang terbuka.

2. Jangan takut! Jadilah pengambil keputusan, karena jika tidak, maka orang lain atau keadaan yang akan melakukannya; dan Anda dengan terpaksa menerimanya.

3. Camkan: tak ada waktu untuk si peragu!

4. Pertimbangkan dengan matang keputusan yang akan diambil. Olah data or informasi yang Anda miliki dan pertimbangkan dengan akal sehat apa untung ruginya. Ini artinya Anda sebelumnya sudah mengumpulkan data dan informasi sebanyak-banyaknya. Pertimbangkan setiap resiko yang ditimbulkan.

5. Jangan terlalu lambat dan jangan juga terlalu cepat mengambil keputusan. Perhatikan setiap perkembangan yang terjadi dan bagaimana hal itu menguntungkan Anda.

6. Tetapkan batas waktu kapan Anda harus sudah memiliki keputusan. Bekerjalah berdasarkan batas waktu itu dan jangan menunda-nunda.

7. Anda harus memilih tujuan akhir dari keputusan yang akan diambil, contoh:

- menguntungkan orang banyak,
- menguntungkan perusahaan,
- menguntungkan diri sendiri, atau
- menguntungkan bagi semua orang.

Buatlah daftar dari alternatif keputusan yang akan diambil.
Pertimbangkan mana yang paling baik untuk diambil.

8. Pertimbangkan setiap data or informasi yang dapat 'merugikan' keputusan yang akan Anda ambil. Dan tentukan bagaimana Anda harus menghadapinya. Bisakah data itu dipergunakan untuk mendukung keputusan Anda?

9. Yang terbaik adalah: keputusan yang Anda ambil haruslah membawa faedah bagi semua/banyak orang.

10. Sampaikan keputusan yang Anda ambil pada waktu yang telah ditentukan atau pada waktu yang paling tepat menurut pengamatan Anda. Yakinkan pendengar bahwa keputusan ini diambil dengan pertimbangan yang matang.

Sampaikan argumentasi Anda jika memang diperlukan. Dan jangan pernah bergeser dari keputusan yang sudah Anda ambil walau banyak yang keberatan! Anda sebelumnya sudah mempertimbangkan banyak hal bukan?

11. Untuk setiap keputusan yang Anda ambil, bisa saja hasilnya tak seperti yang diharapkan. Jika hal ini terjadi, Anda tak perlu menyesalinya. Yang perlu Anda lakukan adalah mempertanggungjawabkannya dan menjadikannya pelajaran dalam mengambilan keputusan di masa yang akan datang.

12. Kerahkan segala upaya dan sumber daya yang ada untuk membuat keputusan yang Anda ambil berhasil dilaksanakan. Lakukanlah evalusi dari pelaksanaannya. Berhasil atau tidak, itu semua tergantung kepada usaha Anda, bukan orang lain. Adalah satu kesalahan besar jika Anda mengambil satu keputusan lalu berharap orang lain yang akan melaksanakannya sampai berhasil!

13. Sebaiknya dalam rangka pengambilan suatu keputusan, Anda melibatkan orang-orang yang nantinya akan membantu Anda melaksanakan keputusan itu. Saran dan informasi dari mereka sangat berharga untuk nantinya mensukseskan pelaksanaan keputusan itu.

***

Setelah keputusan diambil, perhatikan sikap dan tindakan Anda, jangan sampai merusak or mengingkari akibat-akibat yang dihasilkan oleh keputusan itu.

Semoga bermanfaat, Tuhan Yesus memberkati.

Putra Hulu


Sumber : http://putra-hulu.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar