Jumat, 11 Mei 2012

Bahaya Sinar Matahari




Bahaya sinar matahari dapat berdampak bagi semua orang. Seperti dilansir dari guardian.co.uk, Anda perlu mengetahui apa saja yang bisa dilakukan oleh cahaya matahari pada permukaan kulit Anda, di dalam kulit, bahkan yang tidak terlihat.
Apa saja bahaya sinar matahari?
Bahaya dari sinar matahari bukan hanya kulit yang gosong atau terbakar. Pada kasus kulit terbakar, terdapat beberapa level dari kulit yang terbakar. Level pertama adalah ketika cahaya matahari hanya berefek pada lapisan epidermis. Pada level selanjutnya, efek terbakar akan menimbulkan bekas yang tidak bisa dihilangkan pada kulit. Dan level ketiga, cahaya matahari berimbas hingga lapisan kulit terdalam dan mengakibatkan kulit melepuh.
Apa saja efeknya?
Kebanyakan berada di bawah sinar matahari akan membuat kulit Anda cepat menua. Jika Anda ingin terlihat seperti Madonna pada umur 50 tahun, maka Anda haru banyak merawat kulit Anda dengan produk-produk yang melindungi kulit dari panas sinar matahari. Dalam waktu lama, Anda juga bisa memiliki kerutan, garis wajah, noda-noda hitam, dan kanker kulit.
Bagaimana dengan anak-anak?
Kulit anak-anak lebih sensitif daripada kulit orang dewasa. Tidak masalah apakah mereka memiliki warna kulit yang cerah ataupun gelap, anak-anak seharusnya berada di dalam ruangan sekitar pukul 11 siang hingga 4 sore, ketika matahari sedang panas-panasnya. Orang yang berusia di atas 50 tahun juga dianjurkan melakukan hal yang sama. Jika ingin beraktivitas di luar, setidaknya gunakan topi, kacamata hitam, atau tabir surya.
Warna kulit berpengaruh
Walaupun seseorang berkulit gelap, mereka tetap akan terkena dampak dari sinar matahari. Hanya saja, noda hitam pada kulit mereka tidak akan terlihat. Walaupun begitu, efek cahaya matahari berimbas lebih cepat pada orang yang berkulit cerah, hal ini karena kurangnya zat melanin pada kulit mereka.
Apalagi efeknya?
Bersama dengan kerusakan akibat sinar matahari yang disebutkan sebelumnya, kulit Anda akan menjadi mudah memar, robek, pembuluh darah yang terlihat, melanoma dan karsinoma sel skuamosa, serta bintik-bintik.
Bagaimana mengatasinya?
Jika Anda ingin keluar ruangan di saat matahari sedang sangat terang dan panas, pastikan Anda membawa benda-benda berikut ini: tabir surya, topi, kacamata hitam, lip balm, air minum. Obati bisul, jangan memencetnya, dan jangan mengabaikan jerawat, Anda tidak ingin memperburuk masalah kulit. Santai dan beristirahatlah. Jika bisa, berhenti merokok juga akan membantu.

SUMBER : www.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar