Kamis, 24 Mei 2012

Ini Dia Manfaat Berkeringat bagi Kesehatan

Selama berabad-abad, berbagai budaya yang berbeda telah mempromosikan efek berkeringat bagi kesehatan lewat mandi uap dan sauna. Banyak orang percaya bahwa peningkatan suhu tubuh yang memicu keringat bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa berkeringat tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga bermanfaat bagi kecantikan dan menjaga berat badan.

Keringat merupakan sistem pendinginan tubuh alami ketika suhu tubuh terlalu panas, demam atau berolahraga. Cairan keringat sebagian besar terbuat dari air bercampur garam dan sejumlah kecil limbah yang dikeluarkan lewat kelenjar keringat di permukaan kulit. Ketika cairan menempel di permukaan kulit dan mulai menguap, maka proses pendinginan tubuh dimulai.

Seperti dilansir Fitday.com, Jumat (25/5/2012), berikut adalah manfaat keringat bagi tubuh:

1. Membuang racun dari tubuh
Berkeringat dapat membersihkan zat berbahaya seperti alkohol, kolesterol dan garam dari tubuh. Penelitian menemukan bahwa 30% racun dari tubuh dibuang lewat keringat. Ginjal membutuhkan waktu 24 jam untuk mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh, namun berkeringat menghilangkan racun lebih cepat.

2. Memperlancar sirkulasi darah
Berkeringat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika tubuh memanas dan mengeluarkan keringat, jantung bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah. Mekanisme ini bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang.

3. Mempercantik kulit
Keringat mengandung sejumlah kecil antibiotik yang dapat melawan bakteri yang ditemukan secara alami pada kulit. Berkeringat juga dapat membersihkan pori-pori yang sehingga membuat kulit terlihat cerah dan halus. Banyak berkeringat juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini dan mengurangi efek kerusakan kulit.

4. Membakar kalori
Berkeringat juga bisa membantu menurunkan berat badan. Ketika tubuh dipanaskan saat berolahraga, lemak dalam tubuh larut dalam air dan keluar dari tubuh lewat keringat. Berkeringat dapat membakar 300 kalori per jam.

5. Menurunkan stres
Keringat tidak secara langsung dapat menurunkan stres atau meningkatkan suasana hati. Namun, meningkatkan panas tubuh dengan berolahraga atau sauna memiliki efek positif. Endorfin dan bahan kimia lainnya yang dilepaskan saat berolahraga secara alamiah meningkatkan mood dan menurunkan stres.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar