Selasa, 08 Mei 2012

Inilah 4 Musisi yang Paling Berpengaruh di Dunia

Satu orang bisa memulai reaksi berantai, mengubah banyak orang atau bahkan menjadi pelopor terjadinya peristiwa besar di dunia.
Barangkali inilah sari pati dari daftar hasil jajak pendapat “TIME 100: Orang-orang yang Paling Berpengaruh di Dunia”, yang daftarnya baru saja dirilis minggu lalu.

Di dalam daftar tersebut muncul nama-nama yang terkait musik: Rihanna, Raphael Saadiq, Daniel Ek dan Adele. Ada empat orang dari total seratus, lumayan. Nama mereka ini muncul di antara tokoh-tokoh internasional lain seperti Lionel Messi (atlet), Manal al-Sharif (pembela hak perempuan), Pete Cashmore (ahli digital dan internet), Ann Patchet (penulis), Tilda Swinton (aktris) dan Barack Obama (presiden).

Rihanna dan Raphael Saadiq dimasukkan dalam kategori pendatang baru. Nama Rihanna dipilih dalam daftar bergengsi ini karena kerja kerasnya mengejar karier musik sejak usia 16 tahun. Di usianya yang baru menginjak 24 saat ini, Stella McCartney mengatakan, “Segala yang diraihnya sekarang adalah awal dari banyak hal yang akan Rihanna lakukan dan berikan untuk dunia.” Dalam daftar tersebut, Rihanna juga digadang-gadang sebagai sosok yang mewakili kata “keren”.

Nama yang kedua agak asing. Siapa gerangan Raphael Saadiq? Dalam keterangan di daftar, TIME menyatakan Raphael sebagai bintang musik soul yang baru. Terlahir dengan nama Charles Ray Wiggins, ternyata ia adalah sosok pengarang lagu di balik TLC, Joss Stone dan Mary J. Blige. Setelah berkarya dengan grup  Tony! Toni! TonĂ©!, ia memulai karier solo sejak tahun 2002. Dalam artikel mengenai dirinya yang ditulis oleh Elton John, album ‘The Way I See It’ (2008) dinyatakan sebagai terobosan besar untuk Raphael. Selanjutnya Elton menyatakan karier penyanyi berusia 45 ini akan terus berkembang.

Nama selanjutnya, Daniel Ek, bukanlah seorang musisi. Namun karena kecintaannya pada musik, ia membuat sebuah peneroka yang ia beri nama Spotify. Spotify saat ini sangat fenomenal dalam revolusi audio digital dan perkembangan industri musik global. Daniel, yang baru berumur 29 tahun, telah menjadikan Spotify sebagai bandar untuk musisi, label, dan bahkan konsumen. Layanan yang disediakan Daniel kini sedang naik daun di AS.

“Jika membayar untuk karya musik bisa lebih murah dan mudah dari pada membajaknya, maka orang-orang akan memilih yang pertama,” demikian kata Aston Kutcher mengomentari pengaruh Daniel pada dunia musik. Daniel Ek sendiri dikategorikan sebagai “penguasa di bidangnya” pada daftar TIME 100 tahun 2012 ini.

Yang terakhir di daftar tersebut adalah fenomena musik saat ini. “Putarlah stasiun radio apa pun di seluruh dunia, mungkin Anda akan mendengar Adele sedang diputar. Pergilah ke Planet Mars dan jika ada kehidupan di sana, mereka pasti sedang mendengarkan Adele juga,” kata penyanyi Pink.

Bakat Adele telah menginspirasi banyak orang, bahkan mengubah industri musik untuk lebih menghargai elemen manusia. Karena alasan-alasan tersebut, Adele dimasukkan dalam kategori “ikon” dalam 100 orang yang paling berpengaruh di dunia.

“Daftar ini bercerita tentang kemungkinan tak terbatas dari pengaruh seseorang — dan bagaimana kekuatan pengaruh tersebut dalam mengubah dunia,” kata redaktur majalah TIME Richard Stengel. Kekuatan musik selalu ada di daftar TIME 100. Pada tahun lalu, daftar ini bahkan memuat tujuh nama terkait musik (Justin Bieber, Rain, Bruno Mars, Chris Colfer, El General, Sting dan Patti Smith).

Selamat untuk Rihanna, Raphael Saadiq, Daniel Ek, dan Adele. Teruslah berkarya dan mengubah dunia!
 
sumber : yahoo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar