Senin, 14 Mei 2012

Udin dan Umar Kenapa Laba-Laba Tidak Pernah Terjebak Jaringnya Sendiri?

Udin dan Umar Kenapa Laba-Laba Tidak Pernah Terjebak Jaringnya Sendiri?
Udin dan Umar Kenapa Laba-Laba Tidak Pernah Terjebak Jaringnya Sendiri? - Mari kita kupas tuntas pertanyaan itu dalam percakapan dibawah antara Udin dan Umar.

Pada suatu hari Sepulang sekolah, si Udin dan si Umar lagi berteduh karena kepanasan di bawah pohon sambil melihat laba-laba yang ada di pohon,. kemudian si Udin dengan rasa penasarannya bertanya pada si Umar "Mar, mau tanya nih,. Kenapa ya ko laba-laba bikin jaring kaya gitu? kenapa jaringnya lengket juga? terus Kenapa Laba-Laba Tidak Pernah Terjebak Jaringnya Sendiri? Pernah ga sih si laba-laba  itu terjebak, ato kepeleset mungkin?"

Umar pun menjawabnya, " Begini Din, Laba-laba membuat jaring dengan tujuan untuk menjebak mangsa. Agar tujuan itu tercapai, jaring itu pun dibuat lengket, sehingga mangsa yang terperangkap ke dalamnya tidak bisa melarikan diri. Namun, tidak semua bagian jaring laba-laba lengke Dint." owhh gitu yah Mar (sahut Udin) . "Terus cara membedakan yang lengket dan yang tidaknya gimana Mar? kan susah" tanya Udin lagi.
Umar pun menjawab dan menjelaskannya lagi tentang pertanyaan si Udin tadi "cara membedakannya gampang Din, nih aku gambarin:
Udin dan Umar Kenapa Laba-Laba Tidak Pernah Terjebak Jaringnya Sendiri?
Nah yang lengketnya itu yang warna merah Din yang berbentuk spiral, kalo yang ga lengketnya yang warna biru (garis yang keluar dari pusat jaring)"  kemudian Udin bertanya lagi "tapi kok si laba-laba bisa jalannya cepet yah ,. bisa ngebedain juga yang ga lengketnya .."

Umar mennjelaskan lagi "kan laba-laba memiliki cakar khusus berukuran kecil Din, yang memungkinkan mereka mencengkeram untaian jaring laba-laba. Beberapa laba-laba memiliki dua atau tiga cakar pada ujung setiap kaki. Dengan cara itu, laba-laba dapat bergerak dengan cepat melalui jaring tanpa terjebak."
Udin: Nah, kamu tau ga Mar cara bikin jaringnya gimana?

Umar: begini, Ketika membuat jaring, salah satu cakar laba-laba berfungsi mengaitkan untaian jaring. Untuk hal itu, laba-laba dapat berayun dari satu untaian ke untaian lainnya tanpa harus menyentuh bagian lengket dari jaring. Karena itu pula, ketika laba-laba menyentuh jaring, kontak yang terjadi sangat kecil—tidak seperti lalat dengan sayap besar yang terjebak di sebuah untaian jaring lengket. Bahkan kalau pun menyentuh seuntai jaring lengket, jumlah perekat yang tersentuh pada cakar laba-laba sangat kecil, dan karena itu mudah dilepaskan." owwhhh gitu ya Mar,. hmm sekarang aku tau nih Kenapa Laba-Laba Tidak Pernah Terjebak Jaringnya Sendiri (ujar udin dengan bangga). thanx ya Mar penjelasannya, kapan-kapan au nanya lagi deh kalo ada yang ga tau :D"
Umar: ok sip mantap Din :D"

Sekian artikel saya tentang - Udin dan Umar Kenapa Laba-Laba Tidak Pernah Terjebak Jaringnya Sendiri? - semoga bermanfaat :)
Udin dan Umar Kenapa Laba-Laba Tidak Pernah Terjebak Jaringnya Sendiri?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar