Selasa, 05 Juni 2012

TIPS CARA BIJAK MEMARAHI ANAK



Sahabat #larsen17 - Pada usia emas seorang anak yaitu 1 hingga 5 tahun seorang anak akan mudah menyerap dan merespon tentang apapun yang terjadi disekitarnya, sehingga sebagai orang tua ataupun sebagai pengasuh terkadang kewalahan menghadapi emosi anak yang meledak-ledak. Mengutip dari ungkapan seorang Psikolog anak Dra Ratih Andjayani Ibrahim, MM disitus Republika.Co.Id (06/06/2012) bahwa kunci utama dalam melatih dan mengatur emosi anak berasal dari orang tua."Pada usia emas 1 hingga 5 tahun, anak seperti spons yang menyerap apapun yang terjadi di sekitarnya. Contoh utama adalah orang-orang terdekat yang ada di sekitarnya," ujar Ratih pada sebuah acara peluncuran program pendidikan dan kesehatan di Jakarta, Selasa (5/6).


Ditambahkannya, orang-orang terdekat itu biasanya adalah orang tua dan pengasuh. Pada usia emas, orang tua menjadi panutan anak yang akan ditiru hingga dewasa. "Oleh sebab itu, bila orang tua mampu mengelola emosinya di hadapan anak, karena anak akan mencontoh perilaku orang tuanya," sebut Ratih.

Ratih memberi contoh, bila ibu atau ayah sudah jengkel tak tertahan dengan anak, jangan dimarahi habis-habisan. Namun sebaiknya ambil jeda, tunggu hingga emosi mereda sehingga dapat berpikir dengan lebih jernih."Kalau emosi sudah tertata maka jelaskan pada anak tentang perilaku-perilaku mereka yang harus dikoreksi dan membuat anda marah," imbuh Ratih.

Ratih juga mengimbau, sebagai perpanjangan tangan orang tua di rumah, pengasuh juga harus mampu menjaga emosinya, sehingga pola didik yang diterapkan orang tua tidak terdistraksi. "Makanya, pilihlah pengasuh yang betul-betul bisa menjadi 'support system' anda," kata Ratih mengakhiri.


Sumber sebagian artikel Republika.co.id 



SAHABAT, JANGAN LUPA SILAH BACA : UNTUK BERBAGI INFO, SEBAR LUASKAN TIPS INI :

MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar