Minggu, 10 Juni 2012

Tips Membeli Gitar Akustik



Halo sahabat inspiratif, sudah cukup lama saya tidak posting. Dan sekarang saya mencoba posting – posting lagi tentang seputar dunia musik.

Banyak pertanyaan yang dilontarkan teman – teman saya yang mau membeli gitar akustik.

“ gitarnya lebih baik yang seperti apa ya? “
“ saya harus nabung sampai berapa ratus ribu ya? “

Ya, ini pertanyaan yang berkali kali dilontarkan orang –orang yang tidak mau sembarangan memilih gitar. Biasanya orang orang yang sedang semangat – semangatnya belajar gitar. Kalau membeli gitar elektrik kan terlalu mahal. Nah maka dari itu biasanya gitar akustik adalah pilihan umum bagi para gitaris pemula.

Saya yakin, gitar akustik yang anda inginkan adalah yang paling bagus dan enak digunakan. Namun kalau harganya selangit tentu anda tidak mau kan? Nah, mari kita bahas gitar akustik seperti apa yang kita butuhkan.

Ditinjau dari segi fungsi dan karakter suara


Pertama tama kita harus menentukan karakter apa yang kita tuju. Bila anda suka berpergian atau suka bermain gitar di tempat terbuka, alangkah baiknya anda mencari gitar dengan bodi yang besar sehingga suara gitar akan keras. Namun biasanya gitar gitar dengan bodi besar sejenis ini membuat leher gitar menjadi pendek dan terbatas.

ini contoh gitar bodi besar


Bila anda tidak terlalu suka berpergian ( penggunaan hanya untuk belajar di dalam ruangan ) lebih baik cari saya yang bodinya kecil. Biasanya gitar yang bodinya kecil ini membuat leher gitar jadi lebih panjang. Sehingga fret gitar lebih banyak dan anda bisa lebih mengeksplor dunia gitar lebih dalam lagi. Namun ya...resikonya suaranya pasti akan lebih kecil dibanding gitar dengan bodi yang besar. Lagipula dengan leher gitar yang panjang membuat leher gitar itu mudah bengkok.

ini contoh gitar dengan bodi lebih kecil


Ok, mengerti? Itu baru dari segi karakter suara.

Ditinjau dari segi harga

Dari segi harga akan saya bagi dua. Yang pertama gitar akustik murah ( 50.000 s/d 500.000 rupiah ) dan gitar akustik mahal ( 500.000 s/d unlimited ).

Gitar murah

Gitar ini memang gitar murah, tapi bukan gitar murahan lho. Gitar ini adalah gitar yang sangat mudah dijangkau. Bahkan di toko toko musik kecil pun juga banyak gitar dengan harga 200.000 – an. Untuk pemula yang bermain musik pop, rock, reggae, blues, fusion, punk, dan sejenisnya saya merekomendasikan gitar murah seperti ini. Sudah cukup memadai untuk aliran – aliran musik sejenis itu.

Gitar mahal

Gitar mahal biasanya sangat enak digunakan. Karakter suaranya lembut dan tidak membuat jari – jari anda sakit. Gitar ini agak sulit dijangkau karena anda harus datang ke toko musik besar di tengah kota untuk mendapatkannya. Lagipula anda harus merogoh kocek dalam – dalam. Yah...sekitar 1 jutaan untuk mendapatkannya.

Gitar sejenis ini dibuat dari kayu khusus yang membuat suara gitar menjadi lembut dan seburuk apapun permainan anda saya yakin pasti akan terdengar profesional. Belum lagi gitar sejenis ini dicat dengan cat yang apik sehingga tidak mudah lecet meski terbentur apapun. Gitar sejenis ini bisa mengkilap terus dalam jangka waktu yang lama. Keren kan?

Gitar mahal biasanya digunakan untuk para gitaris yang bermain musik jazz, klasik, atau mungkin musik pop mellow. Untuk aliran lain juga sebenarnya bisa, hanya saja karakternya menurut saya kurang pas. Yah...telinga orang kan berbeda beda.

Nah, lantas bagaimana dengan gitar bekas?

Tidak apa – apa kok. Asalkan kayunya masih bagus ( tidak retak ) itu masih layak pakai.

Saya rasa sudah cukup sampai disini saja tips kali ini. Ingatlah, semua ada pada kreativitas anda, bukan pada alat yang anda gunakan. Mudah mudahan membantu ya, salam sahabat inspiratif!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar