Minggu, 24 Juni 2012

Tips Mengurangi Rasa Kantuk



Saya termasuk orang yang mudah mengantuk. Dalam waktu beberapa jam saja mata saya pasti sudah mulai memburam. Dan beberapa menit setelah mata  saya memburam pasti saya tidur. Ini sangat mengganggu produktivitas saya sebagai penulis, musisi, dan pelajar.

Tetapi saya mencoba mencari cara bagaimana caranya menghindari rasa kantuk yang menghantui saya setiap waktu. Dan inilah cara – cara yang saya lakukan untuk mengurangi rasa kantuk :

1. Minum Kopi


Saya rasa hampir semua orang melakukan hal ini saat mengantuk. Toh faktanya memang benar bahwa kopi bisa mengurangi rasa kantuk sehingga produktivitas manusia jadi meningkat. Namun kopi ini memiliki efek samping, yaitu pada kesehatan di masa tua. Terlalu banyak minum kopi bisa memperburuk kesehatan anda di masa depan. Maka minumlah kopi dengan prioritas yang bijak.

2. Cuci Muka


Terkadang saya cuci muka saat mengantuk. Ya . . . sembari membasuh telinga dengan air. Itu memang bisa menambah konsentrasi. Namun resikonya, terkadang saat air di wajah sudah mulai mengering, maka rasa kantuk akan kembali datang.

3. Makan Permen


Ini adalah tips yang diberikan oleh teman saya. Katanya sih bisa mengurangi rasa kantuk karena mulut sibuk mengemut – ngemut permen. Masalahnya saya adalah orang yang anti permen, jadi . . . saya belum pernah mencobanya . . . hehehe

4. Tidur Sejenak


Awalnya saya berpikir bahwa ini adalah hal terkonyol yang pernah saya lakukan untuk menghindari rasa kantuk. Namun jujur saja, ini sangat manjur. Cobalah untuk menutup mata dan mengistirahatkan tubuh selama beberapa menit saja. Saya sarankan gunakan alarm. Disaat anda terbangun, maka anda akan mendapatkan tubuh anda yang lebih segar dari sebelumnya dengaan konsentrasi yang lebih tinggi.


Hanya 4 poin saja yang bisa saya bagikan ilmunya kepada anda. saya berharap semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas anda sehari – hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar