Selasa, 10 Juli 2012

5 Tips Menghadapi Musim Kemarau



Halo sahabat inspiratif! Kemarau sudah mulai berlangsung lagi ya . . . orang – orang sudah mulai kesulitan mencari air. Fatamorgana terjadi di mana – mana. Dan saya rasa cuaca ekstrem seperti ini bisa saja menjadi bibit penyakit bagi tubuh kita.

Anda pasti sudah mulai jarang membersihkan rumah. Iya kan? Apalagi kalau anda mulai merasakan kekeringan, pasti anda semakin mencoba untuk menghemat air.

Padahal jika anda jarang membersihkan rumah maka bibit penyakit akan tumbuh di rumah anda dan menyerang orang – orang di rumah. Ini sungguh berbahaya.

Nah, pada tips kali ini larsen17 akan berbagi tentang musim kemarau. Apa sajakah tips – tips menghadapi musim kemarau?

1. Gunakan Panel Surya ( jika Mampu )


Jika anda mampu untuk membeli panel surya, maka belilah. Manfaatkan teriknya matahari untuk dijadikan energi listrik yang bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari. Apalagi kalau aliran listrik di daerah anda menggunakan PLTA seperti saya . . . saat musim kemarau biasanya aliran air sungai menjadi lemah dan ujung – ujungnya listrik jadi sering padam. Tapi dengan adanya panel surya ini maka listrik akan jarang padam.

2. Gunakan Masker


Masker disini bukan topeng, tapi penyaring udara. Kenapa anda bembutuhkan masker ini? Cobalah anda perhatikan dengan seksama keadaan di musim kemarau. Sangat berdebu kan? Sepeda kecil yang lewat saja terkadang bisa membuat saya batuk. Tenang saja, harganya terjangkau kok. Paling mahal 5000 rupiah. Demi kesehatan tidak apa – apa kan?

3. Hindari Kontak Matahari


Sebisa mungkin anda jangan terlalu sering ataupun terlalu lama terkena sinar matahari langsung. Sebenarnya tidak terlalu berbahaya, hanya saja pada musim kemarau sinar matahari akan terasa menyengat saat menyentuh kulit anda. Dan saya yakin kulit anda akan cepat menghitam jika terlalu sering terkena sinar matahari langsung.

4. Siram Tanah di Sekitar Rumah


Siramlah tanah – tanah yang ada di sekitar rumah anda. hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kekeringan dan untuk menjaga tanaman agar tidak cepat mati.

5. Bersihkan Rumah Secara Rutin


Ini adalah poin terakhir yang cukup penting. Kuraslah bak mandi anda secara rutin, rapikan rumah anda, jangan sampai rumah anda menjadi sarang nyamuk dan serangga – serangga lainnya yang bisa menimbulkan penyakit.

Selamat menjalani aktivitas di musim kemarau, semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar