Rabu, 18 Juli 2012

Fakta Unik Seputar Nyamuk



Siapa yang tidak kenal nyamuk? Saya yakin semua sahabat inspiratif pasti tahu apa itu nyamuk. Ya, serangga terbang yang sangat menyebalkan. Serangga ini suka menggigit kulit kita dan mengganggu aktivitas kita.

Tapi ada yang menarik dari si nyamuk ini. Ada beberapa fakta terselubung seputar nyamuk. Apa sajakah itu? Langsung saja kita check it out :

1. Nyamuk Suka Tempat Gelap

Ya memang, nyamuk adalah serangga bukan ABG. Tapi ternyata hewan ini suka di tempat gelap. Ada beberapa alasan mengapa nyamuk suka di tempat gelap. Yang pertama, ia bisa berkamuflase. Kita jadi sulit untuk melihatnya kan? Lalu yang kedua, untuk menghindar dari cahaya. Nyamuk itu ternyata takut cahaya apalagi cahaya matahari. Terlalu lama ia tersentuh cahaya matahari, maka ia akan mati ditempat. Kalau cahaya lampu, ia tak akan mati.

2. Cara Menggigit yang Unik

Mungkin anda membayangkan nyamuk menggigit kulit kita dengan cara ditusuk seperti yang anda lihat di dalam film kartun. Tapi kartun itu hanyalah fiktif belaka, toh kenyataannya tidak seperti itu. Pertama tama nyamuk menyobek kulit kita dulu dengan taring seperti gergaji yang ia punya. Lalu ia memasukkan jarumnya sampai ke pembuluh darah dan dihisaplah darah kita.

3. Penyebab Gatal / Bentol

Banyak orang bertanya,

“ kenapa sih setelah digigit nyamuk kulit kita bisa gatal – gatal / bentol – bentol? “

Konsepnya sederhana saja. Jadi sebenarnya kulit kita itu memiliki enzim yang bernama fibrinogen. Nah, enzim ini akan memperbaiki berbagai luka yang ada di kulit. Saat Nyamuk menyobek kulit, maka enzim ini akan keluar untuk menutupi luka tersebut. Namun ternyata nyamuk memiliki cairan yang bisa melawan enzim tersebut supaya lukanya tidak tertutup dan nyamuk bisa menghisap darah. Nah, cairan yang dimiliki nyamuk tersebut bisa menyebabkan kulit gatal – gatal / bentol.

4. Perkembangbiakan Nyamuk

Anda tahu kan nyamuk adalah serangga yang bertelur. Namun ternyata cara berkembangbiakannya cukup unik. Nyamuk berhubungan seks dengan lawan jenisnya di udara sembari berputar – putar. Setelah itu nyamuk betina akan mengeluarkan telurnya. Dimana? Di bawah dedaunan. Saat telur itu hendak menetas, sang induk akan membawanya ke tempat yang berair. Karena larva / jentik – jentik nyamuk itu hidupnya di air. Dan setelah itu jadilah nyamuk baru.

5. Jenis Nyamuk Penghisap Darah

Terkadang saya suka bingung sendiri saat teman saya mengatakan bahwa nyamuk jantan menggigit lebih sakit daripada nyamuk betina. Katanya nyamuk betina menggigit kulit kita dengan sangat halus sehingga tidak terlalu terasa. Padahal yang benar adalah : nyamuk yang menghisap darah hanyalah nyamuk betina, nyamuk jantan tidak menghisap darah manusia.

6.Membelah Diri

Anda pasti pernah menyadari hal ini namun tidak peduli. Anda pasti pernah kan memukul seekor nyamuk? Anda pikir nyamuk tersebut sudah mati dan ternyata muncul 2 ekor nyamuk! Darimanakah datangnya 2 ekor nyamuk ini? Ya nyamuk itu datang dari nyamuk yang mati tersebut. Jadi beberapa jenis nyamuk ternyata bisa membelah diri menjadi beberapa individu.

Saya rasa cukup sampai sekian saja pembahasan kita kali ini mengenai fakta unik seputar nyamuk. Semoga bermanfaat ya J

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar