Selasa, 17 Juli 2012

Menggunakan Fitur Timer pada Blogger


Halo para blogger! Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang dunia blogging nih. Ternyata weblog blogspot memiliki beberapa fitur yang menarik. Nah, salah satu fitur yang sering saya gunakan adalah fitur timer alias penjadwalan.

Seperti apakah fitur penjadwalan ini?

Jadi misalkan saja anda menulis artikel saat ini. Namun anda ingin mempublikasikan artikel tersebut di blog anda minggu depan. Apa yang akan anda lakukan? Apakah anda akan membiarkan artikel tersebut di harddisk anda?

Lha kalau begitu bagaimana kalau artikel tersebut sehari sebelum hendak dipost ternyata tidak sengaja terhapus atau mungkin terinfeksi virus dan tidak bisa terbuka? Apakah anda akan mengetik ulang?

Ok lah kalau artikelnya hanya 2 atau 3 paragraf. Lha kalau sampai 5 halaman? Apakah anda akan mengetik ulang?

Yah, intinya cara seperti itu sudah terlalu ketinggalan jaman. Sekarang kan sudah ada fitur penjadwalan. Jadi misalkan saja anda menulis di blog hari ini. Namun tidak terpublish alias di pending dulu sampai waktu yang telah ditentukan. Nanti setelah waktunya maka postingan itu akan otomatis ter post di blog. Keren kan?

Bagaimana cara menggunakannya?

Coba anda lihat panel kanan di blogger saat anda sedang menulis artikel. Disana ada Label, Jadwal, Lokasi, dan lain lain kan? Nah coba anda klik " Jadwal ". Maka akan keluar 2 pilihan, " otomatis " dan " Setel tanggal dan waktu ".



Anda pilih yang " setel tanggal dan waktu " maka akan keluar pilihan jam berapa anda akan mempostnya dan tanggal berapa. Jika sudah selesai mengatur - atur silahkan tekan " selesai " lalu tekan publikasikan seperti biasa anda memposting. Yah, silahkan utak - atik sendiri saja ya, pasti lama - lama mengerti kok.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar