Jumat, 13 Juli 2012

Tips Agar Tidak Kedinginan Mendaki Gunung

Tips Agar Tidak Kedinginan Mendaki Gunung - Tips Agar tidak kedinginan saat mendaki gunung - bagaimana cara agar mendaki gunung tidak merasa kedinginan - keperluan yang harus dibawa saat mendaki gunung agar tidak kedinginan.

Tips Agar Tidak Kedinginan Mendaki Gunung

Kali ini saya mau bagi-bagi tips kepada sobat-sobat semua, khususnya bagi yang hoby banget sama yang namanya "HIKING". Pasti lagi nyari-nyari Tips Agar Tidak Kedinginan saat Mendaki Gunung kan? Emang pada saat mendaki gunung dan berada pada dataran rendah sering terasa panas, tapi sebaliknya pada ketinggian tertentu suhu akan jadi menurun. Semakin menuju puncak, dinginnya tidak terelakkan lagi,, apalagi kalau malam hari. (kagak nahaaannn xD)

Nah untuk mengatasi kedinginan itu, ada beberapa tips yang bisa digunakan agar tubuh tidak sampai mengalami hipotermia. inilah beberapa hal yang bisa dilakukan:
  • Lakukan penyesuaian diri dengan lingkungan. Adaptasikan tubuh Anda dengan kondisi lingkungan baru di pegunungan. Setelah dirasakan tubuh mampu menyesuaikan diri, baru lakukan pendakian. Proses ini disebut pula aklimatisasi.
  • Jangan lupa kenakan pakaian yang mampu menahan panas tubuh Anda. Tidak cukup hanya satu jaket saja. Kalau perlu, bawalah beberapa potong pakaian hangat. Memakai jaket tebal sangat disarankan. Siapkan pula jenis yang antiair. Biasanya lapisan luarnya dibuat dari bahan polar.
  • Agar makin hangat saat tidur, pakailah sleeping bag. Kantong panjang untuk tidur ini mudah dilipat dan dibawa saat mendaki. Saat dipakai, mampu menambah kehangatan badan selain dengan memakai jaket tebal.
  • Hindari memakai pakaian dari bahan jeans. Selain bahannya berat, jeans akan membuat Anda tambah kedinginan karena sifatnya yang bisa menyerap dingin.
  • Sebelum malam tiba, kumpulkan ranting kering untuk membuat api unggun. Induksi panas api bisa menghangatkan tubuh Anda. Jangan lupa, matikan api kalau Anda hendak meninggalkan lokasi pembuatan api unggun.
  • Usahakan memasak air dan membuat makanan. Minuman hangat sangat nikmat untuk disantap kala mendaki. Pilih jenis minuman yang mampu membuat hangat tubuh, seperti air jahe, susu, atau teh. Untuk makanan, siapkan makanan yang cukup memberikan energi bagi tubuh.
  • Sempatkan untuk melakukan peregangan tubuh selama mendaki. Ini akan membuat otot terhindar dari cedera selama mendaki. Selain itu, peregangan dapat sedikit mengusir rasa dingin.
ok sekian tentang - Tips Agar Tidak Kedinginan Mendaki Gunung - semoga bermanfaat
Sumber : sidomi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar