Senin, 23 Juli 2012

Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa - bagaimana caranya agar berpuasa tetap nyaman dan tidak terganggu dengan bau mulut - cara mengatasi bau mulut saat berpuasa - Solusi Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa


Halo sobat semua, bertemu lagi dengan saya selaku admin disini,, haa
Kali ini saya akan bagi-bagi tips tentang Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa, hmm ini merupakan kasus yang sering saya derita kalau lagi puasa, hikhik..

Bau mulut atau halitosis sering dialami oleh mereka yang berpuasa.
Salah satu tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa yakni :

Berwudhu
Bermudhu adalah satu cara mengatasinya. Sering berwudhu yang berarti juga sering berkumur, turut membuat mulut menjadi bersih dan lembab sehingga mencegah bau mulut.

Selain itu, untuk mengatasi bau mulut, mereka yang berpuasa diminta untuk memperhatikan kesehatan mulut dan gigi sejak sebelum bulan Ramadhan tiba. Selama bulan puasa, sikatlah gigi secara seksama pada saat sahur dan juga setelah berbuka.

Mengapa mulut orang berpuasa itu bau? Saat berpuasa, mulut pun "ikut berpuasa" mengunyah. Karena tak melakukan aktivitas, produksi air liur pun menurun.

Dalam keadaan normal, jumlah produk air liur 1 - 1,5 liter yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab penyakit yang berasal dari sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut. Ketika produksi air liur ini terhenti, tentu saja bakteri-bakteri berpesta pora sambil menebarkan bau tak sedap di dalam mulut.

Juga karena terhentinya produksi air liur, maka sisa makanan tetap berkumpul di mulut, tidak terdorong ke kerongkongan. Proses pembusukan pun terjadilah.

Menggunakan Obat Kumur Antiseptik
Nah ini adalah cara yang biasa digunakan setelah sahur atau bahkan saat puasa. Namun menggunakan obat kumur saat puasa masih kontroversi. Ada yang menyatakan boleh-boleh saja ada juga yang menentang. Untuk lebih amannya gunakan saja obat kumur sesudah sahur.

Olahraga Ringan
Berolahraga ringan secara teratur ternyata mampu melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memacu bau mulut yang tidak sedap juga.

Minum Air Saat Buka Puasa dan Sahur
Minum air putih sebanyak 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur, sehingga bau mulut dapat dinetralisir dengan cepat. Air putih juga bermnafaat untuk meningkatkan produksi saliva (air liur) dalam mulut,sehingga dapat membantu menjaga kebersihannya.

Minum Teh Hijau
Selain air putih, minum teh hijau tanpa gula ketika berpuasa dan mekan sahur juga akan membantu mengatasi aroma tidak sedap pada mulu. Hal ini karena teh hijau mengandung zatpolyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Fungsi lain dari tanaman ini adalah mengurangi peradangan pada rongga mulut dan gangguan pernafasan yang disebabkan oleh asap rokok

Sedikit tambahan
Cara untuk mengobati bau mulut secara alami:

Bahan:
- Cengkih (3-5 biji)
- Air (secukupnya)

Pemakaian:
Ambil 3-5 biji bunga cengkih. Seduh dengan air secukupnya kurang lebih 5 menit, lalu dinginkan. Gunakan air ini untuk berkumur.

Semoga semua tips untuk mengatasi dan menghilangkan bau mulut diatas bisa bermanfaat bagi anda yang mengalami bau mulut tidak sedap. 

Nah mungkin sekian info dari saya tentang - Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa - semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar