Senin, 24 September 2012

Tips Menghilangkan Cegukan



Cegukan adalah salah satu aktivitas tubuh yang normal. Namun terkadang kejadian ini bisa menjadi hal yang menyebalkan karena mengganggu konsentrasi. Begitu banyak pertanyaan orang – orang tentang cegukan ini. Apa penyebabnya, apa manfaatnya, dan bagaimana cara mengatasinya.

Pada artikel kali ini saya akan mengupas tuntas tentang cegukan dan efeknya pada kesehatan tubuh manusia. 

So, lets check it out guys :

Penyebab Cegukan

Cegukan muncul karena adanya gangguan pada organ - organ di dekat diafragma, makan terlalu cepat, Atau bisa juga karena adanya perenggangan antara rongga dada dan ronga perut. Hal ini menyebabkan diafragma berkontraksi dan mengeluarkan udara dengan kuatnya ke arah mulut. Namun udara tersebut membentur katup pita suara yang sedang tertutup. Sehingga terjadilah cegukan.

Dan kalau berbicara soal manfaat, cegukan ini bukanlah hal yang baik. Memang, cegukan itu normal dan setiap manusia pasti pernah merasakannya. Namun ternyata faktanya, cegukan yang terlalu sering juga bisa jadi pertanda penyakit serius.

Cara Mengatasi Cegukan

Cara mengatasi cegukan cukup simple, yaitu dengan menahan nafas. Cobalah untuk tidak bernafas selama mungkin. Bila tidak kuat ya jangan dipaksakan. Pada beberapa artikel yang saya baca di internet, bernafas dalam kantung plastik juga bisa mengatasi cegukan. Tetapi sejauh ini saya belum mencobanya. 

Baiklah saya rasa cukup sekian artikel singkat kali ini. Mudah – mudahan bermanfaat ya. Salam sahabat inspiratif!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar