Kamis, 22 November 2012

Tips Alami Redakan Flu



Cuaca sekarang memang sedang ekstrem – ekstremnya. Banyak orang yang langsung terserang penyakit flu karena tidak kuat dengan perubahan cuaca dan perubahan suhu yang begitu drastis. Ya, rasanya sudah hal yang biasa jika banyak orang terkena penyakit flu saat terjadi perubahan musim. Cuaca yang buruk ditambah dengan angin kencang di hampir setiap saat membuat suhu tubuh manusia menurun. Bersamaan dengan menurunnya suhu tubuh ini, maka daya tahan tubuh manusia pun akan ikut – ikutan turun. Alhasil kita akan mudah terkena penyakit.

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagi sahabat yang sudah telanjur terserang penyakit flu. Rasanya hampir setiap orang mengobati penyakit flu dengan cara membeli obat flu di warung terdekat. Memang, itu tidak salah. Hanya saja saya ingin memberitahukan pada anda bahwa sebenarnya ada beberapa cara alami sembuhkan penyakit flu.

1. Hangatkan Tubuh

Cobalah untuk menghangatkan tubuh anda setiap saat. Jangan biarkan cuaca bersuhu rendah mempengaruhi tubuh anda. Gunakan shal atau sweater agar tubuh anda tetap hangat. Setidaknya hal ini berguna agar daya tahan tubuh anda kembali meningkat.

2. Istirahat

Jika anda sedang terkena penyakit flu, maka cobalah untuk mengurangi aktivitas dan menambah jam istirahat. Saat tubuh anda dalam keadaan rileks maka virus – virus penyebab flu akan cepat mati. Jangan lupa gunakan selimut agar saat terlelap tubuh anda tetap dalam keadaan hangat.

3. Berhenti Melecit Hidung

Ini adalah salah satu cara tercepat untuk mengobati penyakit flu. Berhentilah melecit hidung, niscaya perlahan – lahan penyakit flu akan hilang dengan sendirinya.

4. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C terbukti mampu memerangi berbagai virus dalam tubuh anda. Ya, tentunya vitamin C yang alami, bukan yang buatan. Cobalah mengkonsumsi buah – buahan semacam mangga, jambu, jeruk, dan buah – buahan yang mengandung banyak vitamin C lainnya.

5. Berkumur

Campurkan 2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah di kamar mandi. Ingat, anda tidak boleh menelannya karena bisa membuat kepala pusing dan bisa menimbulkan rasa mual. Banyak orang bilang cara ini sungguh efektif untuk meredakan penyakit flu dan rasa gatal di tenggorokan.

6. Udara Segar

Banyak orang bilang saat kita sedang terserang penyakit flu maka kita harus diam di rumah dan menutup semua jendela agar debu tidak masuk. Itu salah. Usahakan agar anda menghirup udara segar. Sekalipun anda sedang di rumah, bukalah jendela lebar – lebar agar udara di dalam rumah cepat keluar, dan udara segar dari luar segera masuk ke dalam rumah.

7. Bawang Putih

Saya sendiri juga baru tahu, ternyata mengkonsumsi bawang putih bisa meredakan flu. Terutama jika dikonsumsi mentah – mentah.

8. Minum Air Hangat

Perbanyaklah minum air hangat ( usahakan lebih dari 8 gelas per hari ). Hal ini berguna untuk menghangatkan organ dalam sekaligus membuat anda rileks.

9. Menjauh dari Orang – orang yang Terinfeksi Flu

Ini adalah tips terakhir sekaligus terpenting. Jika teman anda atau mungkin keluarga anda ada yang terserang penyakit flu juga, maka menjauhlah dari mereka. Karena percuma saja jika anda mengobati virus yang ada di dalam tubuh anda sedangkan orang – orang di sekitar anda terus menerus menularkan virus yang sama pada tubuh anda.

 

Nah, saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini tentang tips meredakan flu. Semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar