Sabtu, 22 Desember 2012

Bolehkan Mengkonsumsi Susu Bubuk Tanpa Diseduh Terlebih Dahulu?



Sebuah pertanyaan singkat datang dari Sahabat Inspiratif,

" Mas Sayoga, saya punya kebiasaan mengkonsumsi susu bubuk secara langsung alias tanpa diseduh terlebih dahulu. Apa itu boleh? "

Pertanyaan yang menarik. Saya rasa banyak juga orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi susu bubuk secara langsung seperti anda. Apakah kebiasaan itu baik bagi kesehatan? Atau justru sebaliknya? Baik, saya akan coba membuktikan kepada anda.

Sekarang coba kita praktik. Tuangkan susu bubuk yang biasa anda konsumsi itu ke dalam gelas yang berisi air dingin ( boleh air dingin dari pendingin atau air dengan suhu biasa saja ). Lantas anda coba aduk susu bubuk tersebut hingga tercampur.



Bagaimana? Zat pelarut ( air dingin ) dan zat terlarutnya ( susu bubuk ) sukar untuk tercampur kan? Bahkan pada beberapa kasus saya temukan susu bubuk langsung menggumpal setelah dimasukkan ke dalam air dingin. Sekalipun bisa tercampur, anda pasti membutuhkan waktu yang agak lama untuk mengaduk. Mengapa bisa begitu?

Susu bubuk sebenarnya bukan susu, selama masih berbentuk solid ( masih berbentuk bubuk ). Nah, untuk mengubah bubuk tersebut menjadi susu, maka kita harus mengubah bentuknya dari solid ( padat ) menjadi liquid ( cair ).

Bagaimana cara mengubahnya? Mudah saja, yaitu dengan cara melarutkan susu bubuk tersebut ke dalam air mendidih. Dengan begitu susu bubuk dan air mendidih akan bercampur menjadi susu yang sebenarnya.

Nah, dari percobaan di atas dapat kita simpulkan bahwa mengkonsumsi susu bubuk secara langsung alias tanpa diseduh terlebih dahulu dapat menyebabkan aglutinasi ( penggumpalan ) susu bubuk dalam pencernaan. Tentu saja hal ini dapat memperburuk kesehatan anda.

Jadi, mulai saat ini cobalah untuk berhenti mengkonsumsi susu bubuk secara langsung. Seduh dulu sebelum konsumsi. Toh hal ini demi kesehatan anda juga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar