Jumat, 27 April 2012

Inilah Jenis Makanan Yang Memiliki Komposisi Membuat Awet Muda

Tahukah Anda, ternyata tak ada krim anti aging, losion atau obat-obatan yang dapat membuat kulit kita menjadi muda selain makanan. Jika Anda memiliki uang yang berlimpah memang Anda bisa melakukan operasi agar terlihat lebih muda, tapi itu semua hanyalah imitasi belaka. Ada cara alami yang jauh lebih mudah sekaligus murah agar kita bisa terlihat awet muda.

Merubah pola makan dengan mengonsumsi aneka makanan bisa membuat kita awet muda dari dalam secara alamiah. Kulit bisa menjadi lebih kencang dan bersinar tanpa adanya efek samping dari obat-obatan dengan mengonsumsi aneka makanan yang seperti kami rangkum dari Life Mojo berikut ini.

1. Kacang-kacangan
Kaya akan vitamin A serta asam lemak Omega-3 membuat kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi yang amat dibutuhkan untuk kulit. Mereka akan melindungi kulit dengan membentuk membran kaya cairan pada permukaan sehingga kulit menjadi lembab dan elastis.

Kacang-kacangan juga menyingkirkan kerut dan membuatnya menjadi lebih bersinar dan bebas dari noda. Kelembaban pada kulit karena mengonsumsi kacang membuat kulit menjadi lebih elastis dan mencegah penuaan secara prematur.

Pilihlah kacang walnut, almond, hazelnut, kacang chia dan flaxseeds.

2. Buah-buahan dan aneka berry
Kedua jenis makanan ini adalah sumber terbaik bagi antioksidan, serat, vitamin dan mineral. Aneka nutrisi tersebut amat dibutuhkan untuk kulit yang sempurna yang awet muda. Antioksidan membuat aliran darah menjadi bersih serta meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi sementara vitamin dan mineral membuat sistem imun menjadi lebih kuat.

Pilihlah buah raspberri, anggur merah, blueberri, alpukat, blackberri, kiwi, aprikot, apel serta pir, acai berri, lemon serta buah prem.

3. Sayuran hijau
Dari sayuran ini kulit  akan memperoleh anti oksidan untuk mencegah timbulnya kerutan, vitamin C, vitamin E serta beta karoten. Dengan kemampuan meningkatkan sistem imun, sayuran hijau juga melindungi tubuh dari kanker, arthritis dan penyakit jantung.

Sayuran hijau memiliki peran vital dalam regenerasi kulit dan mengangkat radikal bebas dari tubuh. Selain itu sayuran hijau juga berfungsi sebagai anti aging pada kulit. Pilihlah sayuran seperti bayam, kacang hijau, brokoli, Brussels sprouts, wortel, timun dan kubis.

4. Ikan
Ikan adalah makanan yang kaya asam lemak Omega-3, komponen yang berperan penting menjaga elastisitas kulit serta mencegah terjadinya kerutan. Omega-3 tak bisa diproduksi tubuh kita dan bisa banyak diperoleh dalam ikan.

Pilihlah ikan salmon, trout, herring, sardines, ikan kembung serta pilchards.

5. Biji-bijian
Kulit akan memperoleh tak hanya anti oksidan dari biji-bijian, tapi juga banyak vitamin, mineral, protein serta serat. Biji-bijian juga membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah sekaligus mencegah penyakit jantung.

Pilihlah biji-bijian seperti havermut, beras merah, jewawut dan gandum (barley).

6. Sayuran
Kandungan lycopene dalam sayuran memiliki kekuatan dua kali lipat dari beta karoten dan sayuran juga memiliki anti oksidan, vitamin serta mineral untuk regenerasi kulit. Sayuran juga mengandung kompon sulfur sehingga kulit mampu mengatasi radikal bebas, aliran darah lebih bersih dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Pilihlah sayuran seperti ubi jalar, tomat, jahe serta kedelai.

7. Lemak sehat
Kulit akan terjaga kondisinya melalui kandungan anti oksidan yang banyak terdapat dalam lemak sehat. Lemak sehat ini berfungsi mengangkut vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, C dan E yang banyak diperlukan agar kulit terjaga keindahannya.

Lemak sehat dapat didapatkan dari minyak zaitun, minyak safflower dan minyak wijen.

8. Hindari makanan kaya kandungan kafein
Hentikan semua minuman yang kaya kandungan kafein baik itu panas ataupun dingin. Ini karena kafein memiliki kemampuan menghancurkan vitamin dalam tubuh Anda.

Antioksidan super Epigallocatechin gallate (EGCG) memiliki kemampuan untuk membalikkan efek oksidasi serta peradangan pada kulit yang terlihat dalam bentuk kerutan, kerusakan kulit ataupun luka.

Anda bisa mendapatkan EGCG dari teh hijau, teh hitam serta jus buatan rumah tanpa tambahan pemanis.

9. Telur dan yoghurt
Kaya kandungan mineral, potassium serta kalsium, mengonsumsi telur dan yoghurt merupakan cara terbaik untuk meremajakan kulit. Potassium membantu pertumbuhan sel kulit baru menggantikan sel kulit yang telah mati atau rusak.

Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih baik dengan mengonsumsi putih telur serta yogurt dari susu skim.

10. Air
Hampir 70 persen dari tubuh kita terbuat dari air. Jika kita kekurangan air, maka kulit kita otomatis juga akan kering, bersisik dan kekurangan nutrisi. Air, yang bisa dengan mudah kita dapatkan sehari-hari bisa membuat kondisi kulit tetap terhidrasi dengan baik dan terjaga kilaunya. Untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi, biasakanlah minum delapan gelas air setiap hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar