Jumat, 27 April 2012

Kekurangan Zat Besi Membuat Cepat Mengantuk

Meski waktu tidur sudah mencukupi – sekitar delapan jam --, tapi Anda masih saja merasa mengantuk saat bangun tidur di pagi hari.

Adakah yang salah dengan tidur Anda? Jawabannya, bisa ya bisa juga tidak. Mengapa? Karena ternyata selain kelelahan, stres atau emosi yang kurang terkontrol dengan baik, kekurangan zat besi juga bisa menjadi penyebabnya.

Menurut sebuah laporan yang dibuat oleh iVillage, kekurangan zat besi merupakan faktor pemicu kantuk terbanyak di pagi hari. Ini terjadi terutama pada 91 persen perempuan di Inggris dengan rentang usia 16-64 tahun, akibat pola makan yang mereka lakukan.

Para ahli mengatakan, kekurangan zat besi menyebabkan kelelahan dan penurunan kemampuan dan konsentrasi. Grafik ini akan terus meningkat pada sore hari. Nah, untuk menyeimbangkan kadar besi, Anda bisa mengubah makan malam dengan menu steak atau mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa tips yang ditawarkan oleh Oliver Gray, pendiri Energise You, sebuah perusahaan yang berkonsentrasi di bidang kesehatan.

1. Camilan Sehat
Anda dapat mengonsumsi porsi makanan seperti biasa, hanya saja perlu menambah makanan kecil di pertengahan pagi dan sore untuk energi tambahan. Pilih camilan sehat yang tak mempengaruhi bobot tubuh seperti buah dan sayuran, tapi merupakan sumber energi bagi tubuh Anda.
 
2. Perbanyak Makanan Sumber Energi
Anda harus menyelipkan sumber karbohidrat, seperti buah-buahan, sayuran, cokelat dan sumber protein. Tak hanya itu, makanan tinggi lemak juga dapat meningkatkan energi, tetapi pilihlah makanan yang mengandung lemak baik seperti ikan, kacang, atau minyak zaitun. Atau, jika biasanya hanya makan sayur dan buah dalam porsi kecil, mulai sekarang Anda harus menambahkan porsinya.
 
3. Perbanyak Minum Air Putih
Kurangnya air dalam tubuh juga bisa memicu kantuk dan kelelahan. Air dibutuhkan untuk penyerapan makanan dalam tubuh. Karenanya biasakan minum air putih sebanyak 1-2 liter per hari agar tubuh tak mengalami dehidrasi.
 
5. Bila Perlu Konsumsi Suplemen Zat Besi
Bila Anda merasa masih merasa kurang berenergi atau masih mudah mengantuk, cobalah mengonsumsi suplemen zat besi. Selain itu pelru juga tambahan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi. Anda tak perlu khawatir dengan suplemen tersebut, karena suplemen zat besi dalam bentuk tablet atau cairan tidak akan menyebabkan gangguan pada lambung,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar