Jumat, 11 Mei 2012

Cara Membuat Email Domain Pribadi Dengan Google Apps

Apakah Anda saat ini sudah punya blog? Jika sudah, lalu apakah blog Anda menggunakan Domain dan hosting berbayar? Jika ya, apakah Anda sudah memiliki email dengan domain Anda sendiri atau masih menggunakan Gmail, Yahoo, MSN, dll?
Menggunakan email dengan domain sendiri tentu akan terlihat lebih baik, karena bisa untuk mempromosikan domain Anda. Sehingga trafiknya juga akan meningkat.
Membuat email dengan domain sendiri sebenarnya bukan hal baru untuk saat ini, namun hal yang sudah basi pun jika ada yang membutuhkan terutama buat pendatang baru di blog, belum tahu cara membuat email domain pribadi dengan Google Apps tentu akan sangat bermanfaat bukan ?

Berikut  langkah – langkah membuat email dengan domain yang Anda miliki :
  • Buka http://google.com/a/ kemudian klik “Daftar” atau “Sign Up”. Dihalaman selanjutnya klik “Standard Edition” atau “Edisi Standar” kemudian klik “Get Started” atau “Mulai”.
  • Kemudian isi form pendaftaran dan isi dengan data – data Anda lalu di halaman selanjutnya Anda pilih nama account untuk email Anda. Contoh : namaAnda@domainAnda.com
  • Di pengaturan layanan silakan klik aktifkan email dan Anda diarahkan untuk mengatur setting MX Entry pada Cpanel hosting Anda. Di Cpanel Anda pilih menu MX Entry dalam pilihan pengaturan email kemudian Anda set untuk priority adalah 10 dan value atau isian server tujuannya adalah aspmx.l.google.com. Anda juga bisa mengisikan setting lainnya sesuai dengan yang telah ditentukan oleh Google apps di bagian pengaturan hosting.
  • Selanjutnya kembali lagi ke Google apps dimana Anda mengaktifkan email lalu klik “I Have Completed These Steps atau “Saya Telah Menyelesaikan Langkah Ini”.
  • Kemudian sebelum menggunakannya, Anda juga harus menunggu paling tidak selama 48 jam agar emai Anda aktif atau sampai Anda menerima email konfirmasi dari Google Apps.
Oya, Anda juga harus memverifikasi kepemilikan domain Anda agar proses pengaktifan Google apps berjalan dengan lancar. Untuk memverifikasi domain, Anda cukup buat file HTML kemudian beri nama dengan “googlehostedservice.html” dan verifikasikan di google apps Anda.
Untuk mengakses email Anda silahkan akses melalui http://google.com/a/domainAnda.com

Isi domainAnda.com dengan nama domain yang Anda daftarkan untuk membuat account email di Google apps sebelumnya. Untuk screenshot memang tidak saya sediakan karena untuk menerapkannya tidak sulit dan cukup dengan panduan di atas.

Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar