Jumat, 11 Mei 2012

Penyebab Jatuhnya Pesawat Shukoi Superjet 100

Penyebab Jatuhnya Pesawat Shukoi Superjet 100 - Miris bila mengingat tentang kejadian naas itu,. semua awak pesawat dan penumpang yang ikut serta dalam penerbangan itu tidak diketahui pasti bagaimana kabarnya. Entah mereka masih hidup atau tidak.
     Menurut berbagai sumber yang didapat mengatakan bahwa Penyebab Jatuhnya Pesawat Shukoi Superjet 100 adalah karena kelalaian pilot pesawat shukoi tersebut. Kronologisnya, pilot meminta untuk mengurangi ketinggian penerbangan yang harusnya di ketinggian 10.000 kaki diatas permukaan laut, menjadi 6000 kaki. Sehingga pesawat kehilangan kendali dan menabrak gunung salak.
     Kawasan Gunung Salak dikenal sebagai daerah yang kerap terjadi kecelakaan pesawat. Pegunungan dan cuaca yang kerap tak ramah bisa menjadi penghambat pesawat secanggih Sukhoi dan lainnya. Pengamat penerbangan sekaligus pilot pesawat nonkomersial, Alvin Lie, mengatakan di daerah Gunung Salak sering ada kabut. Cuaca buruk ini bisa menyebabkan turbulensi sehingga pesawat tidak stabil. Menurut dia, gunung di perbatasan Bogor-Sukabumi ini rawan untuk pesawat ukuran kecil.
     Adapun sumber lain mengatakan bahwa Penyebab Jatuhnya Pesawat Shukoi Superjet 100 dikarenakan penumpang pesawat mengaktifkan handphone saat pesawat melakukan penerbangan (take off). Lihat daftar gangguan dan Penyebabnya dibawah:

GANGGUANPENYEBAB
VOR (VHF Omnidirectional Receiver) tak terdengarPONSEL
Arah terbang melencengPONSEL
Indikator HSI (Horizontal Situation Indicator) tergangguPONSEL
Gangguan sistem navigasiPONSEL
Gangguan frekuensi komunikasiPONSEL
Gangguan indikator bahan bakarPONSEL
Gangguan sistem kemudi otomatisPONSEL
Gangguan arah kompasKomputer, CD, Game
Gangguan indikator CDI (Course Deviation Indicator)Gameboy dan lain-lain

    Sekian Artikel saya mengenai Penyebab Jatuhnya Pesawat Shukoi Superjet 100. Semoga Informasi Ini bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar