Rabu, 09 Mei 2012

Efek Samping Tidur Siang



Artikel kali ini sungguh berbanding terbalik dengan artikel sebelumnya tentang manfaat dari tidur siang. Pada artikel sebelumnya saya terlalu terburu – buru browsing sehingga artikel tulisan saya menjadi tidak jelas. Nah, pada postingan kali ini saya mencoba sedikit santai.

Apakah yang akan saya jelaskan sekarang? Ya, sesuai dengan judulnya. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan apa saja efek samping dari tidur siang? Dan apa penyebabnya? Nah, mari kita bongkar faktanya :

1.Tidur Siang Membuat Kepala Pusing


Saya yakin, anda pasti pernah merasakan setelah bangun tidur siang lalu kepala anda terasa ngilu dan sakit sekali. Kenapa bisa begitu? Jelas saja, pada saat tidur siang biasanya mata kita masih terkena cahaya matahari kan? Ya...meskipun sedikit, ternyata cahaya matahari ini sungguh berpengaruh pada kesehatan anda. Masih belum mengerti? Baik akan saya jelaskan lebih spesifik lagi.

Pakar kesehatan di seluruh dunia telah mengatakan bahwa pada saat tidur, seluruh indra kita tidak boleh menerima rangsangan. Apabila salah satu dari indera kita menerima rangsangan, maka otak kita tidak akan bisa rileks. Dalam arti saat bangun nanti otak anda tidak bisa fresh karena yang tidur hanyalah tubuh anda, otak anda masih bekerja sebagaimana mestinya. Sejauh ini mengerti?

Nah, pada saat tidur siang biasanya mata kita masih menerima rangsangan berupa cahaya kecil yang sedikit menembus kelopak mata. Dengan begitu, otak anda tidak bisa rileks. Nah, lantas apa hubungannya dengan kepala pusing?

Bayangkan saja tubuh anda dalam keadaan rileks sedangkan otak masih panas seperti sedang menghitung soal matematika. Tidak seimbang bukan? Nah, ketidakseimbangan ini membuat otak anda menerima respon yang berbeda dari segala arah. Otak akan bingung harus memberi respon rileks atau fokus. Oleh sebab itu secara otomatis kepala kita akan terasa sakit.

Tipsnya : tidur siang cukup 20 menit. Gunakan alarm dan segeralah bangun. Lalu sebisa mungkin tutup jendela kamar agar ruangan tidak terlalu terang. Setelah itu jangan sampai udara di ruangan anda terlalu panas atau terlalu dingin. Oh ya, jangan biarkan juga ruangan anda terlalu bising.

2. Tidur siang menyebabkan insomnia


Anda tahu insomnia kan? Ya, ketika anda tidur lalu terbangun pada tengah malam, dan ternyata anda tidak bisa tidur sampai pagi. Itu adalah penyakit yang cukup berbahaya. Kenapa? Ya itu berarti pola tidur anda tidak baik dan akan menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Salah satu penyebab dari penyakit ini adalah karena tidur siang. Jadi untuk beberapa orang tidur siang itu justru malah memperburuk kesehatan.

3. Tidur siang memperkecil volume otak


Kalau poin ini saya tidak bisa menjelaskan. Saya juga masih ragu – ragu apakah fakta ini benar adanya atau tidak.


Ok, setelah dipertimbangkan, apakah anda mau tidur siang? Semuanya terserah anda. Terimakasih, semoga bermanfaat  :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar