Minggu, 20 Mei 2012

Napoli Rusak Laga Terakhir Del Piero

Bola.net - Juventus ditaklukkan Napoli 0-2 dalam final Coppa Italia 2011/12 yang digelar di Stadion Olimpico, Senin (21/5), dan gagal memberi Alessandro Del Piero hadiah perpisahan yang indah.

Ini merupakan laga terakhir Del Piero bersama Juventus dan dia dipercaya turun sebagai starter.

Juventus sudah meraih Scudetto, dan mereka bertekad untuk memenangi gelar keduanya musim ini sekaligus memberikan hadiah perpisahan untuk sang legenda.

Pelatih Antonio Conte menerapkan pola 3-5-2 meski Giorgio Chiellini dan Paolo De Ceglie absen akibat cedera. Marco Storari, yang selalu tampil di Coppa Italia, kembali dipercaya untuk mengawal mistar Juventus.

Juventus sampai di babak pamungkas setelah terlebih dahulu menyingkirkan Bologna, AS Roma dan AC Milan, sementara Napoli mengakhiri perlawanan Cesena, Inter Milan serta Siena.

Napoli tak pernah lagi menjuarai turnamen ini sejak 25 tahun silam dan trofi terakhir yang mereka raih adalah pada tahun 1990 lalu, jadi motivasi untuk mengalahkan Juventus sangat besar.

Ezequiel Lavezzi, Marek Hamsik dan Edinson Cavani melengkapi trisula maut Napoli untuk menggedor pertahanan Juventus.

Juventus nyaris kebobolan di menit-menit awal ketika umpan silang Campagnaro dari sayap kanan berhasil disundul oleh Zuniga ke arah gawang, tapi tidak berbuah gol karena Storari bisa menepisnya.

Juventus balas mengancam lewat hempasan keras Marchisio dari jarak sekitar 23 meter, tapi masih bisa dimentahkan oleh De Sanctis.

Setiap kali Juventus mendapatkan bola, Napoli langsung mengubah pola permainan menjadi defensif sambil menunggu peluang melakukan serangan balik.

Sambil diiringi teriakan 'Juve, Juve' para tifosi-nya, Juventus berusaha menguasai permainan dan meningkatkan tekanan demi mencetak gol, baik lewat kedua sayap maupun penguasaan bola Andrea Pirlo di lini tengah.

Serangan demi serangan yang dilancarkan kedua kubu tidak membuahkan gol dan babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata. Juventus sebenarnya berpeluang mendapatkan satu penalti sebelum jeda ketika Aronica mencegah Marchisio melepaskan tembakan di dalam area terlarang. Tayangan ulang menunjukkan adanya sedikit pelanggaran, dan Napoli beruntung bisa lolos dari vonis 12 pas.

Komposisi kedua tim setelah jeda masih sama dengan di babak pertama. Napoli lagi-lagi mengambil inisiatif serangan. Dzemaili mengiris dari sayap kiri, menusuk ke jantung pertahanan Juventus, melakukan operan satu-dua dengan Lavezzi, lalu melepaskan tembakan/operan ke mulut gawang, tapi terlalu deras untuk Cavani bisa meraihnya dan bola hanya keluar lapangan.

Pada menit 62, petaka menghampiri Juventus. Lavezzi mendapatkan bola di dalam kotak penalti, berusaha melewati Storari, dan dijatuhkan oleh kiper Juventus tersebut. Kartu kuning untuk Storari dan penalti untuk Napoli. Edinson Cavani dipercaya sebagai eksekutor dan berhasil membawa Napoli unggul 1-0.

Conte pun melakukan perubahan total. Dia memasukkan Pepe, Quagliarella dan Vucinic untuk menggantikan Lichtsteiner, Borriello, dan... Del Piero! Selesai sudah. Itu terakhir kalinya kita melihat Del Piero memperkuat Juventus.

Upaya Juventus untuk menyamakan kedudukan mendapatkan pukulan telak setelah Napoli mencetak gol kedua lewat serangan balik andalannya yang diselesaikan dengan sempurna oleh Marek Hamsik. Tujuh menit waktu normal tersisa, Juventus tertinggal dua gol.

Di penghujung laga, Juventus semakin tenggelam setelah Fabio Quagliarella, yang baru masuk pada menit 73, dikartu merah langsung karena menyikut muka Aronica.

Skor 2-0 untuk Napoli bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Penantian panjang Napoli akhirnya selesai dan mereka berhasil merengkuh trofi ini untuk yang keempat kalinya (1962, 1976, 1987, 2012). Apakah ini kekalahan pertama Juventus musim ini? Terlepas dari itu, selamat untuk Napoli dan grazie, Alessandro Del Piero.

Susunan pemain Juventus (3-5-2): Storari; Bonucci, Barzagli, Caceres; Lichtsteiner, Vidal, Pirlo, Marchisio, Estigarribia; Borriello, Del Piero.

Susunan pemain Napoli (3-4-2-1): De Sanctis; Campagnaro, Cannavaro, Aronica; Maggio, Dzemaili, Inler, Zuniga; Hamsik, Lavezzi; Cavani.

Pencetak gol:
63' (0-1) Cavani (pen)
83' (0-2) Hamsik

Kartu kuning: Marchisio (40'), Dzemaili (54'), Cannavaro (56'), Storari (62'), Borriello (64'), De Sanctis (80').

Kartu merah: Quagliarella (90'). (bola/gia)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar