Jumat, 29 Juni 2012

Download Resume Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai

Download Resume Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai - Sekilas pembahasan :

Definisi PKn Berbasis Nilai
Dalam era globalisasi yang dipenuhi dengan persaingan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan nilai melalui materi PKn diperlukan guna menangkal kesemrawutan krisis multi dimensional. Manusia memerlukan kematangan moral dan intelektual, kecerdasan intelektual dalam mengkritisi berbagai wacana pemikiran yang muncul kepermukaan, kematangan emosional untuk dapat hidup kooperatif sekaligus kompetitif yang didasarkan atas jalinan social yang harmonis, dan kematangan spiritual sebagai perwujudan ikatan transcendental antara dirinyan dengan sang pencipta. Kematagan tersebut dilatih, diajar, dan dididik melalui pelajaran PKn dengan model pendidikan berbasis nilai.
Berdasarkan definisi, nilai merupakan standar logika, estetika, etika, agama, dan hokum, serta menjadi acuan atau system keyakinan diri maupun kehidupan.

Landasan Filosofi Pendidikan Kewarganegaraan
Deskripsi kajin teoritis merupakan kerangka acuan dalam berfikir secara konseptual. Conceptual framework mengkaji fungsi dan tujuan pendidikan, isi pendidikan, serta proses pendidikan yang senantiasa membutuhkan kajian mendasar dan esensial.
Ada empat model teori pendidikan, yakni:
1. Perrenialisme
pendidikan menurut teori ini adalah kebenaran yang konstan abadi dan perennial. Tujuan pendidikan memastika bahwa, para peserta didik memperoleh pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau gagasan-gagasan besar yang tidak berubah. Prinsipnya yaitu mencapai kebjikan dan kebijakan.
2. Essensialisme
dalam teori ini pendidikan diarahkan untuk mempersiapkan generasi muda untuk terjun kedunia kerja dala kehidupan social, dengan orientasi masa kini dan masa depan. Dengan demikian, tujuan utama dalam teori ini adalah untuk :
a. Memperoleh pekerjaan yang lebih baik.
b. Dapat bekerja sama dengan oranglain dengan baik.
c. Memperoleh penghasilan yang memeadai, karena pendidikan dipandang sebagai langkah untuk meraih kesuksesan secara ekonomis.
3. Progressivisme
progressivisme adalah suatu gerakan pendidikan yang mengutamakan penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang berpusat pada anak sebagai reaksi terhadap pelaksanaan pendidikan yang maih berpusat pada guru atau bahan pelajaran.
Selengkapnya bisa di Download dibawah
Download Resume Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai
Sekian posting saya tentang - Download Resume Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai - semoga bermanfaat.

Sumber : Buku Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai oleh Dr. Ine Kusuma Aryani, M.Pd dan Markum Susatim, S.S., M.Pd.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar