Senin, 04 Juni 2012

Gerhana Bulan Yang Akan Muncul Pada Malam Ini 4 Juni 2012

Gerhana Bulan Yang Akan Muncul Pada Malam Ini 4 Juni 2012
Gerhana Bulan Yang Akan Muncul Pada Malam Ini 4 Juni 2012 - Gerhana bulan sebagian akan terjadi pada 4 Juni, malam ini. Jika langit cerah, gerhana ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

"Pada prinsipnya bisa dilihat di seluruh Indonesia, namun di Indonesia timur seluruh proses gerhana ini terlihat seluruhnya," ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lapan, Thomas Jamaluddin.

Thomas mengatakan, gerhana bulan sebagian ini akan terjadi pada pukul 17.00 WIB hingga 19.06 WIB. Akibatnya untuk Indonesia bagian barat, proses gerhana sudah terjadi saat bulan belum terbit.

"Untuk Indonesia bagian Barat gerhana sudah mulai terjadi saat bulan belum terbit, sedangkan di Indonesia timur saat bulannya sudah terbit," Menurut sumber.

Thomas menyatakan, bagi umat muslim yang ingin salat gerhana waktunya dari Magrib hingga Isya. Menurutnya saat gerhana bulan sebagian terjadi sepertiga sisi purnama akan gelap karena terhalang bayangan bumi.

"Bagian kanan purnama akan gelap sampai pukul 19.06 WIB," Menurut sumber

Sebelumnya pada, Senin (21/5) lalu, terjadi gerhana matahari pertama di tahun 2012 ini. Fenomena alam ini akan terjadi sejak matahari terbit mulai dari wilayah Cina hingga berakhir di Amerika Serikat. Gerhana matahari tidak akan terjadi secara penuh, namun yang terjadi adalah gerhana matahari cincin.

Sekian posting saya tentang - Gerhana Bulan Yang Akan Muncul Pada Malam Ini 4 Juni 2012 - semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar