Kamis, 14 Juni 2012

Inilah Prinsip Hidup Yang Harus Dipegang Teguh

Pedoman hidup / ajaran berikut ini, senantiasa harus selalu diingatkan dan dilaksanakan untuk mencapai kesuksesan / kebahagiaan dalam kehidupan

  1.  Jika sudah terjadi masalah, tidak harus dihindari, tetapi harus dihadapi dengan tenang dan dipikirkan jalan keluarnya, percayalah pasti akan selesai dengan jalan keluar yang terbaik.
  2. Menghadapi semua hal, tidak boleh berpikiran negatif, seperti: saya pasti tidak mampu, saya tidak bisa, dan seterusnya. tapi selalu berpikir positiF seperti: saya pasti bisa, pasti ada jalan keluarnya, dll.
  3. Susah dan senang semuanya tergantung dari pikiran kita.(pikiran adalah pelopor).jadi apabila kita sedang merasa kesusahan atau sedih maka cara terbaik adalah melakukan meditasi pernapasan yaitu duduk diam dan hanya memperhatikan naFas dan melepaskan segala pikiran. setelah itu kita akan merasa lebih tenang.
  4. Segala kesulitan/kesusahan akan berakhir, sebesar apapun masalahnya akan selesai juga dengan seiring berjalannya Waktu.
  5. Menurut penelitian di amerika, orang yang berhasil/sukses, 85% ditentukan oleh sikap/perilaku/attitude, 15% baru ditentukan oleh ketrampilan. jadi, sikap kita dalam hidup ini sangat penting.
  6. Segala sesuatu berubah (anicca), kita tidak perlu memikirkannya.misalnya: sekarang mengalami kesusahan nantinya akan berubah menjadi senang asalkan kita dengan tabah menjalaninya, sekarang ada orang yang benci dengan kita, suatu saat nanti dia juga akan baik kepada kita dengan cara terus mempraktikkan cinta kasih.
  7. Hukum Tabur Tuai, apa yang telah kita tanam maka itulah yang akan kita panen, begitu pula sebaliknya.seperti : kita tanam kebaikan maka kita akan memanen kebahagiaan, kita tanam kejahatan maka kita akan memanen penderitaan/kesusahan. Berusahalah untuk berbuat kebaikan. jangan tanam benih kejahatan!
  8. Kesehatan adalah anugerah yang terindah dalam hidup ini.maka jaga kesehatan kita dengan berolahraga, istirahat yang cukup, dan jangan makan sembarangan.
  9. hidup ini penuh dengan cobaan/masalah/persoalan/penderitaan. maka kita sudah mengerti bahWa tidak mungkin kita segalanya berjalan dengan lancar. siapkan mental,ketabahan,kesabaran, dan ketenangan untuk menghadapinya karena itulah kenyataan hidup yang harus dihadapi oleh setiap umat manusia.
  10. Buku adalah jendela dunia. masa depan kita sangat bergantung pada sikap(attitude) dan buku-buku yang kita baca. membaca sangat penting dan dapat menentukan masa depan seseorang.
  11. Jangan membicarakan kejelekan orang lain, karena kita akan dinilai jelek oleh orang yang mendengarkannya.
  12. Pergaulan sangat penting dan merupakan salah satu kunci keberhasilan. apabila kita bergaul dengan orang baik, maka kita akan menjadi baik. begitu pula sebaliknya.
  13. Budi orang tua, tidak dapat dibayar dengan apapun juga (menurut ajaran agama). jadi kita harus selalu ingat, patuh, sayang, berbakti pada orang tua dan menjaga nama baik keluarga.
  14. Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.jadi janganlah merasa minder dengan kekurangan kita, tapi kembangkanlah potensi kelebihan anda miliki.
  15. Jangan pernah mempertentangkan (memperdebatkan) sesuatu hal kecil yang tidak penting dengan siapapun karena itu dapat merusak hubungan yang telah terjalin.
  16. Dalam keadaan bingung/marah/takut/susah/tidak tenang. Cara mengatasinya adalah dengan menarik nafas dalam-dalam terus-menerus dalam keadaan mata dan mulut tertutup (bernapas melalui hidung), hingga kita merasa tenang, niscaya keadaan akan menjadi lebih baik.
  17. Kunci sukses dalam hidup ini, selalu bersemangat, berusaha/berjuang, disiplin, sabar, bekerja keras, berpikir positif, rajin berdoa, banyak berbuat kebaikan, dan jauhi kejahatan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar