Kamis, 14 Juni 2012

Inspirasi Kita : Belajar Dari Cara Hidup Semut

Carilah dan jangan putus asa untuk mendapatkan apa yang dicari. Penyakit orang yang mencari adalah rasa bosan dan putus asa bila apa yang diinginkannya tidak segera didapat.
Tidaklah kau perhatikan, seiring dengan lamanya waktu, tetesan air yang lembut mampu menorehkan bekas yang jelas pada batu yang keras.
Alkisah, seorang pedalaman pergi untuk satu keperluan penting. Di tengah perjalanan ia duduk istirahat karena lelah. Saat itu, terpikir olehnya untuk kembali dan tidak melanjutkan perjalanannya. Tiba-tiba ia melihat seekor semut sedang merayap menaiki seonggok batu besar. Begitu jatuh, si semut bangkit dan dan berusaha naik lagi. Itu terjadi berulang-ulang, hingga akhirnya ia berhasil mencapai puncak batu tersebut. 
Melihat hal itu sang musafir berkata, “Aku lebih pantas untuk bersabar dan tekun ketimbang semut itu.” Dengan semangat baru, ia pun bangkit meneruskan perjalanannya hingga akhirnya menemukan apa yang dicarinya. 
Amsal 6 : 6 - 8 yang berbunyi 
"Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak. Biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen."
Sobat, salah satu pelajaran paling berharga dan bekal kesuksesan yang dapat kita ambil dalam kehidupan semut adalah kegigihan. Ia tiada henti-hentinya mencoba dan mencoba lagi tanpa kenal lelah dan bosan sebelum sampai pada tujuannya. Semut melambangkan kegigihan, kesabaran , ketekunan, keuletan, dan perjuangan yang tak kenal menyerah. Semut mempunyai kegigihan yang luar biasa dalam upayanya mencapai tujuan. Sebuah pelajaran berharga yang patut diteladani 
Sobat, menurut pakar kehidupan : semut menyebutkan, bahwa semut menyimpan cadangan makanannya yang ia kumpulkan di musim panas untuk persediaan di musim dingin. Sebab di musim dingin ia tidak banyak keluar. Pada saat musim dingin pun ia baru memakan cadangan makanannya pada saat yang tepat. Dan untuk mengantisipasi agar biji-bijian yang tersimpan sebagai persediaan makanan tidak tumbuh menjadi tumbuhan, ia membelah biji-bijian itu dari tengahnya. 
Sobat, apabila perjalanan semut terhalangi oleh genangan air yang tidak mungkin di seberanginya, beberapa kawanan semut bergotong-royong, bahu-membahu membuat formasi jembatan di atas permukaan air itu. Setelah seluruh anggota semut melintasinya, kawanan semut yang membuat formasi jembatan itu pun menepi menyusul kawan-kawannya. Ketika seekor semut menemukan sekerat daging atau kaki belalang, dan ia tidak sanggup memikul atau mendorongnya, ia akan pergi ke sarangnya memanggil kawan-kawannya untuk bersama-sama memikul makanan yang ditemukannya. Kegigihan dan ketekunan semut benar-benar merupakan pelajaran berharga bagi orang yang menginginkan keberhasilan. Bahkan, kalau Anda meletakkan batu di jalan yang akan dilalui semut, ia tidak berhenti atau kembali ke belakang, melainkan menunggu sampai anda mengenyahkan batu tersebut. Jika tidak Anda enyahkan juga, maka ia pasti mencoba menaikinya, berjalan lewat sebelah kanan atau sebelah kirinya, atau memilih jalan lain menuju tempat tujuannya. 
Yang jelas ia pantang mundur. Tidak Ada Kata  Menyerah, So Bersemangat Terus.... !!!

Ayat Mas: Amsal 6: 6
Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak

 Semut diantara serangga lainnya :
Semut merupakan salah salah satu spesies serangga yang paling canggih, hampir tidak ada serangga lain yang sekuat semut.

Jumlah populasi semut
Jumlah Semut Sangat Banyak Sekali. Jika dikalkulasikan, 10% dari semua total hewan merupakan semut. Dan jika ditotal massa semua semut di bumi sama dengan total massa semua manusia di bumi.
Mengapa populasi semut bisa sedemikian hebat? Karna semut adalah binatang yang ahli beradaptasi dengan lingkungan di mana mereka tinggal

Umur Semut
Umur Semut Hanya Beberapa Bulan Berbeda dengan Ratunya. Semut pekerja hanya mampu bertahan hidup selama 45-60 hari, namun ratu semut bisa hidup hingga berumur 20 tahun. Dan ketika sang ratu mati, koloni semut tsb hanya bisa bertahan beberapa bulan.

Kecerdasan Semut
Semut Lebih Pintar Daripada yang Kalian Pikirkan
Binatang dengan otak paling besar proporsinya jika dibandingkan dengan tubuhnya adalah SEMUT. Mereka dikenal sebagai species paling cerdas di antara serangga-serangga lainnya dengan sekitar 250.000 sel otak.

 Pembagian Tugas di Kerajaan Semut
Semut mengerti tentang pembagian tugas/ ahli dalam pendelegasian tugas. Sang ratu semut pasti lebih besar daripada pekerjanya.
•    Tugas  Ratu semut : Setelah menemukan koloni baru, tugas sang ratu adalah untuk menghasilkan banyak semut pekerja, semut jantan dan ratu lainnya. Mereka bisa hidup selama 20 tahun dan bisa memproduksi ribuan telur dalam hidupnya.
•    Tugas Semut jantan : semut jantan memiliki tubuh yang paling kecil dalam kasta semut. Tugas mereka hanya satu, yaitu menemani sang ratu dalam mereproduksi. Dan akan mati setelah beberapa hari.
•    Semut pekerja memiliki tugas mencari makan, merawat bayi, membangun sarang dan menjaga koloni serta ratu.
•    Semut tentara bercirikan memiliki kepala yang besar. Tugas utamanya adalah menjaga sarang mereka dari serangan musuh.
Jadi tugas ratu semut di sini bukan untuk memimpin, mengatur atau menguasai semut lainnya, melinkan hanya untuk mereproduksi/ menghasilkan semut lain sebanyak mungkin. Meskipun demikian, setiap semut mengerti tugasnya masing-masing dan tidak bermalas-malasan dalam menjalankan tugas masing-masing tersebut.



Semut Ahli Bekerja Sama
Bisnis si Semut
Semut sangat kompak, ahli bekerja sama dalam kelompok. Ia sangat rajin mengumpulkan makanan dan mencari mangsa yang ditaklukkannya secara berkelompok.
Semut Karnivora. Di Afrika dan Asia, ada spesies semut yang bisa membunuh dan memakan binatang lain yang lebih besar dengan cara “mengeroyokinya”. Semut itu dikenal dengan nama Driver Ant, Safari Ant dan Siafu. Jenis semut itu merupakan pemburu yang sangat kuat, dan mereka memanfaatkan jumlah mereka saat mengincar mangsa.
Driver ant pernah ditemukan membunuh bayi manusia dan kuda yang sedang tertambat di kayu. Driver ant akan membunuh apapun yang berada di dekat sarang mereka, bahkan 100.000 ekor binatang mati dalam sehari karena koloni semut ganas ini. Semut ini juga suka berpindah-pindah untuk mencari mangsa, seperti serangga, laba-laba, kadal, ular, ayam dan binatang kecil lainnya. Terkadang memanjat pohon dan menyerang burung di sarangnya.
Semut memiliki ‘bisnis’ sendiri. Bisnis semut adalah dalam bidang pertanian, dan peternakan:
Semut Sangat Ahli di Bidang Pertanian. Para semut menggunakan teknik budidaya tanaman kebun yang sangat canggih untuk meningkatkan hasil panen mereka. Mereka membuat dan melepaskan zat kimia dalam bentuk lendir yang kaya antibiotik untuk menghambat pertumbuhan jamur.
Semut yang Suka Beternak. Semut beternak Aphid, sejenis kumbang.
Semut madu mendapatkan madu yang manis dar hasil sekresi aphid. Semut tsb akan melindungi dan memberi makanan kumbang. Mereka memilihkan tanaman yang cocok untuk Aphid tinggal dengan aman. Jika ada predator atau parasit datang, maka semut tsb akan memboyong aphid ke tempat lain. Mereka akan mempertahankan dan membela aphid.



PRAJURIT NOMOR SATU
Kemiskinan bisa datang seperti penyerbu, dan kekurangan bisa menyerang seperti orang yang bersenjata. Hal ini disebabkan karna kemalasan. Jika kita malas, kita pasti dikalahkan oleh kemiskinan, tetapi sebaliknya jika kita rajin, kita pasti dapat mengalahkan kemiskinan dan menjadi orang yang berkecukupan bahkan berkelimpahan. Tinggal di sini, siapa yang memenangkan peperangan ini, kemiskinan, atau kerajinan.
Oleh karna itulah, si semut merupakan binatang yang berjuang untuk hidup dan mereka dikenal sebagai binatang yang merupakan PRAJURIT NOMOR SATU.
Semut Merupakan Ahli Strategi Perang. Spesies semut yang berbeda, bahkan yang sama sekali pun terkadang “bertarung” dan “berperang” satu sama lain, dan bisa berlanjut selama beberapa jam, hari bahkan minggu. Salah satu pertempuran semut yang paling luas jangkauaanya adalah pertempuran sejenis Pavement Ant. Dan pertempuran paling besar adalah antara superkoloni semut Argentina yang menyebabkan jutaan korban semut yang tewas dalam sehari. Beda lagi dengan semut Amazon, mereka adalah sejenis semut yang suka “memperbudak” semut lain untuk dijadikan pekerja. Sebelum menyerang mereka akan mengobservasi sarang lawan. Setelah dua hari, semut amazon pun langsung menyerang, dengan mudah mereka menaklukkan lawannya yang rata-rata telah panik dan tidak terorganisir sama sekali.
Melihat itu semua, semut menjadi serangga pembunuh paling hebat di dunia…
Semut memiliki system pertahanan sarang
Semut juga ahli bangunan, dimana mereka membangun sarang mereka juga dibangun dengan sistem yang sangat canggih untuk mengontrol temperature dan kelembaban
Ayo perangi kemiskinan dengan kerajinan kita. Kalau kita tidak rajin, maka kemiskinanlah yang akan ‘menang’ atas hidup kita.


SANG AHLI ORGANISASI
Semut Adalah Ahli Organisasi dan sangat menjaga kesatuan/ unity. Bisa Membentuk Superkoloni. Semut argentina merupakan jenis semut yang suka menyerang. Mereka membentuk superkoloni yang besar dan banyak sekali di Kalifornia. Superkoloni tersebut memiliki jutaan sarang dengan jangkauan hampir ratusan mile (ratusan kilometer) dan kedalaman sarang 6 meter ke bawah. Semut dari sarang yang berbeda namun dalam satu koloni sangat jarang terlihat salin serang satu sama lain. Superkoloni terbesar terdapat di Kalifornia bagian selatan, dengan panjang 600 mile (sekitar 965 kilometer)
 

Sumber :  berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar