Minggu, 08 Juli 2012

4 Nutrisi yang Bikin Gigi Kinclong

img
detikcom Jakarta, Menyikat gigi memang cara sehat untuk merawat dan menjaga kebersihan gigi. Namun itu bukan satu-satunya untuk membersihkan gigi. Adad beberapa makanan yang bisa menjadi cara alami untuk membersihkan gigi.

Gigi putih, gusi sehat dan napas tidak bau tentu saja menjadikan Anda lebih percaya diri. Menyikat gigi dua kali sehari adalah caranya, tapi bukan berarti itu jadi cara satu-satunya.

Jika Anda sedang liburan dan lupa membawa sikat gigi, berikut beberapa makanan yang bisa membersihkan gigi secara alami, seperti dilansir boldsky, Selasa (19/6/2012):

1. Buah berri
Stroberi adalah buah yang dapat dengan mudah membersihkan dan memutihkan gigi. Gosokkan irisan strobesi pada gigi dan sikat selama 5 menit. Jika ingin mendapatkan gigi putih, tumbuk stroberi dan taburi baking soda. Gosokkan campuran ini pada gigi untuk mendapatkan gigi putih dan mengkilap.

2. Apel
Buah dan sayuran renyah seperti wortel, brokoli dan apel dapat membantu membersihkan gigi dan gusi. Serat dan antioksidan dalam apel membunuh bakteri, mencegah bau mulut dan juga memutihkan gigi. Untuk menjaga kebersihan mulut yang tepat, konsumsilah apel setiap hari.

3. Lemon
Asam sitrat dalam lemon membuat pemulihan yang efektif untuk membersihkan gigi secara alami. Anda dapat menggosok sepotong lemon langsung pada gigi atau mencoba beberapa pengobatan rumah. Lemon tidak hanya membersihkan gigi, tetapi buah yang berair ini juga membunuh bakteri, mencegah kerusakan gigi dan mengontrol bau mulut.

Lemon telah digunakan sejak lama untuk mendapatkan gigi putih alami. Campurkan lemon dengan garam dan gosokkan pada gigi sehari-hari. Bilas mulut dengan air dan sikat setelah 5 menit. Obat ini memperkuat dan memutihkan gigi.

4. Keju
Keju cheddar adalah makanan yang baik untuk membersihkan gigi. Asam-asam di keju cheddar dapat memerangi plak, mengeluarkan makanan dari gigi dan mempertahankan keseimbangan pH di dalam mulut.

Setiap kali makan keju, Anda mungkin lebih mudah ngiler. Ini bukan karena rasa saja, tetapi keju juga meningkatkan sekresi air liur di mulut. Air liur ini membersihkan permukaan gigi, mengurangi bau mulut, membunuh kuman dan meningkatkan keseimbangan pH untuk menghilangkan asam yang dapat merusak gigi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar