Minggu, 08 Juli 2012

Inilah Kebiasaan-kebiasaan Buruk Yang bikin gigi rusak


img


Detik.com, Jakarta, Mungkin Anda telah rajin menggosok gigi setiap hari, tetapi mengapa gigi tetap rusak? Mungkin penyebabnya adalah kebiasaan Anda sehari-hari yang berpengaruh terhadap kesehatan gigi.

Berikut 5 kebiasaan tidak sehat yang dapat merusak gigi, seperti dilansir onlymyhealth, Senin(9/7/2012) antara lain:

1. Jarang Mengunjungi dokter gigi

Anda perlu mengunjungi dokter gigi secara teratur minimal setiap 6 bulan sekali. Studi menunjukkan bahwa orang yang tidak mengunjungi dokter gigi, lebih rentan mendapatkan gigi berlubang dan rusak.

Dokter gigi akan merekomendasikan Anda untuk membersihkan gigi secara medis dua kali setahun, karena menyikat gigi secara teratur saja tidak dapat mengatasi plak pada gigi. Jika plak tidak dibersihkan akan mengeras dan menjadi karang gigi.

2. Mengisap buah lemon dan jeruk terlalu lama

Mengisap lemon atau makan buah jeruk yang terlalu banyak dalam satu waktu dapat menimbulkan sensitivitas terhadap makanan dingin, baik itu padat maupun cair. Hal ini terjadi karena asam sitrat dalam buah jeruk, seperti jeruk bali, jeruk, dan lemon dapat mengikis email gigi dan dapat merusak mineral penting dari gigi Anda.

Selain mengembangkan sensitivitas gigi, kebiasaan mengisap buah lemon dan jeruk terlalu lama dapat membuat gigi lebih rentan retak dan menyebabkan tekstur kasar pada permukaan gigi.

3. Mengunyah es batu

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan mengunyah es batu setelah selesai minum? Hentikan kebiasaan ini, karena suhu dingin dan kerasnya es batu dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Mengunyah es batu dapat menyebabkan fraktur pada gigi. Untuk mencegah kerusakan gigi, dokter gigi menyarankan Anda membiarkan es meleleh di mulut Anda daripada mengunyahnya.

4. Menggunakan gigi sebagai alat

Beberapa orang terbiasa menggunakan gigi untuk memutuskan label pada pakaian, membuka kemasan makanan, atau sebagai pembuka tutup botol air minum. Hal ini akan melemahkan ujung gigi Anda, membuat gigi Anda rentan patah.

Menggunakan gigi sebagai alat dapat merugikan kesehatan gigi Anda, menimbulkan korosi enamel gigi dan merusak permukaan gigi.

5. Minum soda dan makan makanan manis

Asupan berlebihan terhadap minuman bersoda dan makanan manis memiliki dampak negatif pada kesehatan mulut Anda. Minuman dingin, soda dan minuman berkafein cenderung sangat asam dan merusak mineralisasi pada gigi. Soda dan makanan manis yang terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan gigi, rongga gigi dan pembusukan gusi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar