Senin, 16 Juli 2012

Cara Baru Pencegah Kanker Dengan Ginseng

VIVAlife - Berbagai macam minuman ginseng disarankan untuk menambah stamina tubuh. Entah itu kopi ginseng, ataupun teh ginseng. Ternyata, minuman ini tidak hanya memaksimalkan stamina, tapi bekerja lebih sebagai pencegah kanker.

Menurut sebuah studi baru, mengkonsumsi ginseng Amerika (panax quinquefolius) dalam dosis tinggi dapat mengurangi risiko kanker yang biasa disebabkan oleh faktor kelelahan.

Konsumsi ekstra ini dapat dilakukan selama dua bulan. Para ahli melakukan penelitian pada 340 pasien kanker yang menerima plasebo, atau 2.000 miligram ginseng dalam bentuk kapsul. Ginseng itu mengandung akar ginseng murni ditanam di Amerika.

Dalam waktu empat minggu, ginseng murni akan mengurangi rasa lelah. Namun pada minggu ke delapan, pasien kanker yang mengkonsumsi ginseng mengalami peningkatan signifikan dalam kesembuhan mereka.

Ginseng sebagai obat herbal memang tidak menyebabkan efek samping apapun. Kelelahan yang biasa dirasakan pada pasien kanker, telah dikaitkan dengan peningkatan sitokin inflamasi sistem kekebalan tubuh serta hormon kortisol yang disebabkan oleh stress.

Bahan aktif yang terkandung di dalam ginseng, ginsenosides, berhasil mengurangi sitokin terkait dengan peradangan dan membantu mengatur kadar kortisol.

"Setelah delapan minggu, kami melihat peningkatan di 20 titik kelelahan pada pasien kanker, diukur pada skala 100 poin kelelahan standar. Jika kita dapat memperbaiki sistem tubuh dengan penggunaan ginseng, artinya, gingseng juga sangat mungkin mencegah kelelahan berat dalam waktu jangka panjang," kata peneliti Debra Barton Ph.D. dari the Mayo Clinic Cancer Center.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar