Senin, 09 Juli 2012

Sehatkah Jus Buah Segar Buat si Kecil?


Detik.com Jakarta - Sejak dini si kecil perlu diperkenalkan pada buah segar. Karena buah segar mengandung vitamin dan sejumlah mineral terbaik yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya. Buah apa saja yang baik buat si kecil? Bagaimana porsi pemberiannya?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa meminum jus buah yang mengandung 100% buah dalam jumlah sedang tidak akan mempengaruhi berat badan anak. Namun, jus buah tetap saja mengandung kalori. Sama seperti makanan atau minuman yang mengandung kalori, minum jus buah terlalu banyak dapat menyebabkan berat badan naik.

Jika akan memberikan jus buah untuk si kecil, sebaiknya pilih jus buah yang mengandung 100% buah segar asli, bukan jus buah kemasan. Jus buah yang mengandung 100% buah dan minuman buah yang manis mungkin sama-sama memiliki jumlah kalori yang serupa, tetapi nutrisinya berbeda. Jus buah segar asli akan lebih banyak memberi asupan viatamin dan mineral. a

Saat memberikan jus, sebaiknya sajikan dalam gelas, bukan dalam botol. Hal ini untuk menghindari kerusakan gigi. Selain itu sebaiknya jangan membiarkan si kecil minum jus sepanjang hari. Agar tak berlebihan, cobalah ikuti batasan dari American Academy of Pediatrics dan American Heart Association berikut ini:




  • 0 sampai 6 bulan: jangan berikan jus buah, kecuali jika untuk meredakan sembelit.
  • 6 bulan sampai 6 tahun: 120-180 mililiter per hari
  • 7 tahun ke atas: 8 sampai 240-360 mililiter per hari

Setiap 120 ml jus buah yang mengandung 100% buah nutrisinya sama dengan satu porsi buah. Tetapi jus kurang memiliki serat dan nutrisi lain seperti buah utuh. Meminum jus buah dalam jumlah yang wajar setiap hari memang baik bagi anak. Namun, tak ada salahnya mencoba memberikan potongan buah segar kepada anak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar