Sabtu, 25 Agustus 2012

Beberapa Masalah Error Saat Booting dan Cara Mengatasinya

Beberapa Masalah Error Saat Booting dan Cara Mengatasinya | Cara Mengatasi Error saat booting dan start up pada komputer .

ok sobat semua, kali ini yang mau saya share tentang Beberapa Masalah Error Saat Booting dan Cara Mengatasinya, mungkin sobat sobat pernah mengalami yang seperti di bawah ini, silahkan dibaca dan pahami solusinya.

Contoh Permasalahan yang sering terjadi pada Komputer.

1. Pada saat Booting, komputer menampilkan tulisan “ CMOS check sum error “ . Ini menandakan bahwa batu baterai BIOS nya sudah low. Penyelesaiannya dengan mengganti baterai BIOS sesuai dengan ukuran aslinya.

2. Komputer tidak menampilkan apa-apa sewaktu dihidupkan, tidak ada suara yang keluar dari speaker. Coba periksa kabel yang menghubungkan antara VGA dengan monitor. Jika tidak ditemukan adanya kerusakan, kemunkinannya adalah VGA Cardnya yang rusak.

3. Komputer mengeluarkan suara beep berulang-ulang sewaktu dihidupkan. Periksa RAM nya, mungkin ada debu / kotoran, coba di lepas dan dibersihkan, lalu di pasang kembali. Jika masih sama, ganti RAM nya.

4. Saat dihidupkan, indikator HarDisk menyala terus. Kemungkinan HarDisk sudah terkena BAD Sector pada Sector nol nya. Jika belum begitu parah, masih bisa di Low Level Format, setelah itu di partisi dan di format, kemudian coba discandisk dengan surface check

5. Komputer menampilkan pesan DISK BOOT FAILUR OR NON SYSTEM ON DISK Ini menandakan pada Disk tidak terdapat system untuk di load ke RAM, atau HarDisk belum di set menjadi active pada waktu melakukan partisi.

6. Saat melakukan proses format pada disket, muncul pesan “ Invalid Media or Track 0 Bad “Artinya disket nya sudah rusak di sektor 0 nya. Coba perhatikan pada bagian dalam disket, apakah sudah ada goresan di sana. Bila sudah artinya disket itu sudah rusak.

7. Komputer bisa loading sampai ke lingkungan Windows, tapi tampilannya pecah-pecah jika di set ke high ataupun true colour Ini menandakan VGA Card sudah tidak mampu untuk menampilkan warna dan resolusi maksimum.

8. Saat mencoba membaca isi suatu disket, komputer menampilkan pesan General Failur Reading Drive A, ini bisa disebabkan karena Head pada Floppy Disk Drive kotor, atau sudah aus. Coba dibersihkan dulu dengan menggunakan Floppy Disk Cleaner, jika hasilnya sama saja, berarti Head-nya memang sudah aus dan harus diganti.

9. Pertama kali dihidupkan tampilan pada layar monitor kabur. Ini menandakan bahwa pengatur Focus pada FlyBack monitor sudah tidak bagus, biasanya penyelesaiannya dengan di cangkok.

10. Tampilan pada monitor lama-kelamaan semakin tidak jelas ( kabur ). Sama dengan No. 9.

11. Monitor tidak menampilkan warna tertentu. Ini menadakan ada masalah pada rangkaian RGB di dalam monitor.

12. Kadang-kadang monitor mati sendiri, atau susah sewaktu dihidupkan. Biasanya ada solderan yang lepas pada bagian Power Supply-nya ataupun pada bagian Horizontal-nya.


Referensi http://tiantechno.wordpress.com/2011
/04/21/tahapan-tahap-merakit-komputer/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar