Minggu, 12 Agustus 2012

Inilah Penyebab Detik.com dan Okezone Tidak Bisa Diakses


Sejak kemarin oleh para pengunjungnya adalah karena adanya kebakaran yang terjadi pada gedung perusahaan berita tersebut. Kebakaran server IDC Duren 3 yang akhirnya membuat dua situs besar ini tidak bisa diakses sampai sekarang. Awalnya kami tidak sengaja mencoba untuk mengakses Detik.com pada sore hari kemarin, tidak disangka ternyata yang kami dapatkan hanyalah "server not found", lalu muncullah pertanyaan "mengapa detik tidak bisa dibuka". 

Merasa penasaran akhirnya kami mencari tahu di situs-situs berita lainnya, dan alhasil bahwa server dari Detik dan Okezone memang sengaja dimatikan karena ada kebakaran server. Berikut beritanya: Portal berita seperti www.okezone.com, www.kapanlagi.com, dan www.sindonews.com, juga mengalami hal serupa. Menurut Antara, sejumlah situs berita mengalami kelumpuhan sekitar pukul 23.00 WIB, Minggu, akibat kebakaran yang terjadi di Indonesia Data Centre (IDC) Duren Tiga, Jakarta Selatan.

 Berdasarkan pantauan, beberapa situs berita “online” seperti detik.com, okezone.com, sindonews.com, kapanlagi.com, vemale.com, blogdetik.com, idblognetwork.com, dan mytrans.com tidak dapat diakses hingga pukul 24.00 WIB akibat terbakarnya perangkat “uninterruptible power supply” (UPS). Menurut informasi, kebakaran IDC Duren Tiga terjadi akibat ledakan UPS di lantai 2 yang membuat jaringan IIX lewat OPENIXP, server dan hosting serta ISP yang berlokasi di tempat tersebut menjadi “offline” dan tidak bisa diakses di seluruh Indonesia. Atas pertimbangan keamanan, beberapa “server” yang berada di pusat data tersebut dimatikan untuk sementara waktu. 

Namun demikian, beberapa laman berita tidak terkena imbas kebakaran dan masih bisa diakses antara lain antaranews.com, kompas.com, viva.co.id, dan metrotvnews.com, karena memang tidak memiliki “hosting” di IDC Duren Tiga. Sementara itu, Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan laman kemdikbud.go.id terkena imbas kebakaran tersebut. Belum diketahui sampai kapan Detik.com akan lumpuh beroperasi. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dan patau terus di Rio Chikara News untuk informasi terbarunya.

Itulah info tentang Inilah Penyebab Detik.com dan Okezone Tidak Bisa Diakses, semoga bermanfaat.

Referensi by http://www.rio-chikara.com/2012/08
/detikcom-dan-okezonecom-tidak-bisa-dibuka.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar