Senin, 13 Agustus 2012

Tips Mudik Menggunakan Kereta Api



Kereta api merupakan salah satu kendaraan umum yang penumpangnya terhitung ramai apalagi menjelang lebaran. Dibandingkan bus, kapal, atau pesawat, kereta api adalah kendaraan umum yang paling ramai penumpang.

Di saat lebaran, mudik menggunakan kereta api memang pilihan yang pas. Selain harganya terjangkau, kereta api juga bebas macet. Dengan begitu anda tidak akan mudah bosan dengan pemandangan kemacetan kota.

Namun dibalik semua sisi positif tersebut ternyata kereta api memiliki sisi negatif juga, yaitu keamanan dan ketepatan waktu.

Di hari – hari biasa, kereta api selalu tepat waktu karena tidak ada kata macet. Namun di hari raya biasanya kereta api jarang sekali tepat waktu. Bahkan menurut pengalaman saya kereta api bisa terlambat hingga 3 jam.

Nah, dikarenakan beberapa sisi negatif tersebut, saya merangkum beberapa tips mudik yang aman menggunakan kereta api.

1. Bawalah Barang Secukupnya



Jika biasanya anda membawa barang bawaan yang banyak, kali ini bawa secukupnya saja. Tidak Perlu membawa barang – barang yang tidak penting. Karena selain bisa merepotkan anda di tengah desakan para penumpang kereta, juga bisa mencuri perhatian orang – orang yang berniat jahat.

2. Jangan Terburu – buru



Mudik menggunakan kereta api merupakan hal yang menyebalkan karena biasanya kereta datang terlambat. Dan sekalinya kereta tersebut datang tepat waktu, kereta tersebut sudah penuh dan anda tidak bisa masuk. Alhasil anda harus menunggu kedatangan kereta tambahan beberapa jam kemudian. Menyebalkan bukan? Yah, satu – satunya tips yang bisa saya berikan adalah : cobalah mudik ini dibawa santai. Dengan begitu kereta api yang datang terlambat tidak akan membuat anda kesal.

3. Jangan Gunakan Perhiasan yang Mencolok



Kereta api teramat rawan pencurian. Sudah banyak kasus pencurian dan penjambretan perhiasan. Saya sarankan anda tidak menggunakan perhiasan yang mencolok dan berlebihan agar anda tidak menjadi korban penjambretan.

4. Patuhi Peraturan



Ada banyak peraturan – peraturan yang diberlakukan di kereta api. Contohnya : Larangan merokok, larangan duduk di atas kereta, larangan bergelantungan di pintu kereta, larangan merusak sarana prasarana dalam gerbong kereta, dan masih banyak lagi peraturan – peraturan yang harus anda patuhi di kereta api. Jangan coba – coba untuk melanggar peraturan tersebut.

5. Hindari Calo



Sama saja ketika anda membeli tiket kendaraan umum yang lain. Hindari para calo. Jika anda tidak mendapatkan tiket, lebih baik tidak usah mudik saja.

6. Berdoa



Dengan semua ketidaknyamanan dan ketidakamanan kereta api, hal terakhir yang harus anda lakukan adalah berdoa. Berdoalah semoga tidak terjadi macam – macam di sepanjang perjalanan.

Semoga bermanfaat dan selamat mudik!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar