Senin, 13 Agustus 2012

Tips Mudik Menggunakan Pesawat



Cukup banyak juga orang yang menggunakan pesawat terbang. Ya, biasanya orang – orang kelas atas dengan ekonomi yang memadai. Bagaimana tidak, kendaraan umum yang satu ini cukup mahal. Anda harus merogoh kocek dalam – dalam agar bisa menikmati perjalanan dengan kendaraan ini.

Tetapi dibalik harganya yang mahal, pesawat terbang benar – benar memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi. Pelayanannya juga sangat memuaskan. Belum lagi anda bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indah. Berbeda dengan pemandangan yang anda lihat saat menggunakan transportasi darat.

Pada artikel tips kali ini saya akan memberikan sedikit tips kepada anda yang hendak mudik menggunakan pesawat terbang.

1. Pesan Tiket Jauh Hari



Salah satu kendala saat anda akan mudik menggunakan pesawat adalah harganya yang lebih mahal dibanding menggunakan transportasi lainnya. Memang, sang pengelola pesawat pasti ingin memanfaatkan moment lebaran dengan menaikkan harga tiket agar ia mendapatkan untung yang besar. Nah, kita sebagai penumpang pesawat harus pintar – pintar menyiasati. Pesanlah tiket jauh hari sebelum penerbangan. Bahkan teman saya pernah memesan tiket 4 bulan sebelum lebaran demi mendapatkan tiket yang lebih murah. Itu adalah salah satu cara mendapatkan tiket pesawat dengan murah.

2. Hindari Calo



Hindari calo! Jika anda tidak mendapatkan tiket lebih baik tidak usah berangkat saja. Tapi saya rasa sangat sedikit orang yang mau menjadi calo tiket pesawat. 

3. Persiapkan Perbekalan Dengan Baik



Persiapkanlah semua perbekalan anda mulai dari makanan, pakaian, obat – obatan dan perlengkapan lainnya. Ini penting agar anda bisa menikmati perjalanan di udara dengan tenang.

4. Gunakan Sabuk Pengaman



Tentu saja, sabuk pengaman adalah komponen utama keselamatan anda. Saat lampu sealt belt menyala, silahkan anda gunakan sabuk pengaman tersebut. Kalau anda memiliki anak, ada sabuk khusus. Biasanya pramugari akan mendatangi anda dan memasangkan sabuk tersebut kepada anak anda. Dan jika anda membawa anak yang masih balita, ada sabuk khusus untuk mengikat perut anda dengan perut balita anda. Sehingga jika terjadi guncangan, anak anda tidak akan terlempar dan tetap aman di pangkuan anda.

5. Jaga Kesehatan



Saat pesawat take off, tekanan udara di dalam pesawat sangatlah tidak stabil. Sehingga tubuh anda diharuskan memiliki daya tahan yang baik. Paru – paru dan jantung anda harus dalam keadaan sehat. Dan saya sarankan anda tidak membawa bayi yang baru lahir, karena paru – paru dan jantung bayi yang baru lahir masih belum kuat. Paru – paru dan jantung bayi biasanya akan stabil pada umur 3 bulan.

6. Pastikan Anak Anda Tertidur



Bagi anda yang membawa anak dengan umur dibawah 10 tahun, buatlah mereka tertidur agar tidak merepotkan di sepanjang perjalanan. Apabila mereka terbangun, langsung berikan mainan agar tidak merepotkan anda.

7. Makan Permen



 Tekanan udara dalam pesawat yang tidak stabil itu akan membuat telinga anda berdengung dan serasa tertekan sesuatu. Ini tidak baik untuk kesehatan telinga anda. Saya sarankan makanlah permen. Kenapa? Karena gerakan mengunyah dan menelan dapat mengurangi tekanan udara di telinga anda. Apabila anda membawa anak yang masih balita, berilah susu sebelum pesawat take off. Dan jangan lupa setelah pesawat take off buatlah anak anda tertidur.

Semoga bermanfaat dan selamat mudik!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar