Selasa, 14 Agustus 2012

Tips Mudik Menggunakan Mobil



Sangat sedikit orang yang mudik menggunakan mobil. Tentu karena faktor macet yang menyebalkan dan membuat perjalanan menjadi lebih lama. Disamping itu mengendarai mobil dengan suasana yang nyaman bisa membuat anda mudah mengantuk. Dan hal ini bisa meningkatkan resiko kecelakaan.

Meski begitu, masih saja ada orang yang mudik “ nekat ” menggunakan mobil. Saya tidak menyarankan anda menggunakan mobil saat mudik. Namun bagi anda yang tetap ingin mudik menggunakan mobil, akan saya berikan sedikit tipsnya :

1. Harus Ada Supir Cadangan

Rasa kantuk biasanya datang kepada pengemudi mobil atau pengemudi truk dikarenakan suasana dalam mobil / truk begitu nyaman. Ada kursi dengan sandaran yang empuk plus alunan musik yang membuat anda semakin nyaman saat mengemudi. Hal ini mengharuskan anda memiliki supir cadangan. Tentu supir cadangan ini akan berguna apabila rasa kantuk sudah mulai terasa.

2. Selalu Perhatikan Kondisi Mobil

Sebelum berangkat mudik alangkah baiknya anda memeriksa keadaan mobil anda dan pastikan tidak ada komponen mobil yang bermasalah. Dan jangan lupakan ban cadangan. Intinya jangan sampai mobil mogok di tengah perjalanan dan membuat anda kerepotan.

3. Bawa Peta

Salah satu hal yang paling sering terjadi pada saat mudik menggunakan mobil adalah : tersesat. Bisa saja anda salah ambil jalur, atau mungkin dikarenakan adanya perbaikan jalan mengharuskan anda berputar melalui jalur yang anda tidak ketahui arahnya. Nah, disinilah peta berperan. Bawalah peta agar anda tidak tersesat. Atau anda juga bisa menggunakan GPS.

4. Bawalah Tanda Pengenal

Maksud saya jangan lupa bawa SIM, KTP, dan tanda pengenal lainnya siapa tahu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

5. Patuhi Rambu – rambu

Saya rasa ini sudah tidak perlu saya jelaskan panjang lebar. Patuhilah rambu – rambu lalu lintas dan jangan coba – coba melanggarnya. Terkecuali jika anda ingin membuat kekacauan di jalan raya.

6. Pasang Sabuk Pengaman

Gunakan sabuk pengaman demi keselamatan anda di sepanjang perjalanan.


Ok, cukup sekian pembahasan kita kali ini mengenai tips – tips mudik menggunakan kendaraan roda empat. Semoga bermanfaat dan selamat mudik!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar