Sabtu, 27 Oktober 2012

Hal yang Harus Dilakukan Pemuda di Hari Sumpah Pemuda



Selamat hari sumpah pemuda sahabat inspiratif! 28 Oktober adalah waktu yang ditunggu – tunggu oleh Indonesia. Ya, Indonesia terus menanti kelahiran pemuda – pemuda yang penuh semangat dan berani berjuang demi bangsa Indonesia ini.

Lantas sebagai pemuda, apa yang harus dilakukan pada hari Sumpah Pemuda? Apakah kita perlu mencoreng wajah kita dengan cat hitam lalu berlari keliling kota sembari membawa bambu runcing? Ingat, ini zaman modern. Anda akan ditertawakan orang – orang jika bertingkah laku seperti itu.

Lha, kalau begitu apa yang harus pemuda lakukan?

1. Belajar Sungguh – sungguh


Galilah ilmu tanpa henti. Buat Indonesia bangga dengan prestasi anda yang begitu gemilang. Jadilah seseorang yang cerdas. Itu adalah salah satu wujud kecintaan kita terhadap NKRI. Apa yang harus dilakukan pemerintah agar pemuda bisa cerdas? Salah satunya dengan cara menggratiskan buku – buku pelajaran, atau mewajibkan setiap pemuda memiliki kemampuan mengakses informasi dari internet. Toh di internet cukup banyak informasi sekaligus kursus gratis untuk meningkatkan kualitas para pemuda. Salah satu blog informatif yang cukup terkenal adalah blog sumber inspirasi larsen17 :)

2. Berprestasi


Langkah berikutnya setelah anda menjadi orang cerdas adalah berprestasi. Ya, apa gunanya kalau anda cerdas tetapi tidak ada orang yang tahu kecerdasan anda? Apa gunanya kalau anda cerdas tetapi kecerdasan anda tidak dimanfaatkan untuk berinovasi? Cobalah untuk berprestasi. Karena percuma saja jika anda cerdas tetapi tidak mempunyai prestasi. Kecerdasan anda tidak akan berdampak pada kemajuan NKRI.

3. Memelihara Alam


Ya, pemuda harus mampu memelihara alam sekitarnya. Pemuda harus mampu berfikir bagaimana caranya agar lingkungan di sekitarnya tidak rusak. Ya, setidaknya kebersihan lingkungan harus mereka junjung tinggi.

4. Berhenti Anarkis


Sumpah Pemuda mengajak pemuda Indonesia untuk bersatu. Tetapi mengapa pemuda jaman sekarang senang tawuran? Seharusnya peringatan Sumpah Pemuda membuat pemuda semakin malas untuk bertindak anarkis.

Intinya pada artikel kali ini saya ingin menekankan pada anda bahwa sumpah pemuda tidak perlu diperingati secara berlebihan ( upacara, dsb ). Saya rasa dengan menunjukkan prestasi pun berarti pemuda sudah menunjukkan rasa cintanya kepada Indonesia.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar