Sabtu, 03 November 2012

Asal Mula Kata “ Gudang “



Untuk pertama kalinya saya membuat artikel yang berhubungan dengan pelajaran bahasa Indonesia. Kali ini saya akan membahas tentang asal mula kata " gudang ".

Anda pasti tahu gudang kan? Ya, sebuah ruangan khusus untuk menyimpan barang – barang yang sedang tidak digunakan. Banyak orang mengatakan " gudang " tetapi mereka tidak tahu asal usulnya. Sebenarnya asal – usulnya cukup singkat dan menarik. Akan saya ceritakan :

Anda tahu desain rumah orang Inggris? Biasanya mereka menggali tanah agak dalam sebelum membangun rumah. Selain untuk pondasi, juga untuk membuat suatu ruangan khusus untuk menyimpan benda – benda mahal dan rahasia. Orang Inggris memiliki kebiasaan untuk menjaga barang – barang antik. Belum lagi barang – barang antik itu bernilai cukup tinggi jika dijual, maka sangat besar peluang banyaknya para pencuri yang ingin mengambil barang antik tersebut.

Maka dari itu, orang Inggris membuat sebuah ruangan bawah tanah ( tentunya untuk turun ke ruangan itu menggunakan pintu rahasia ) untuk menjaga barang antik yang mereka miliki dari tangan – tangan jahil.



Namun seiring berjalannya waktu, ruangan bawah tanah tersebut beralih fungsi menjadi tempat penyimpanan barang yang tidak terpakai. Dan ternyata orang Inggris masih tidak memberi nama ruangan tersebut.

Jadi, ketika ada seseorang bertanya,

" Where is your classic bicycle? " [ dimana sepeda antikmu? ]
" Go down " [ turun ke bawah ]

Mengapa mereka bilang " go down "? Ya karena untuk masuk ke ruangan bawah tanah itu kita harus turun ke bawah.

Dan orang Indonesia merubah pelafalan " go down " menjadi " gu dang "

Yah ... begitulah asal usul kata " gudang ". Memang orang Indonesia ini ada ada saja ya :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar