Sabtu, 17 November 2012

Cara Menulis Huruf Jepang di Windows



Wah, rasanya sudah cukup lama saya tidak menulis artikel tentang teknologi. Pada artikel kali ini saya akan memberikan sebuah trik yang jarang diketahui para pengguna komputer, yaitu cara menulis huruf Jepang di sistem operasi windows.

Dalam bahasa jepang, ada 2 tata cara penulisan huruf kanji yaitu hiragana dan katakana. Huruf hiragana digunakan untuk menulis kata – kata asli bahasa Jepang. Sedangkan katakana digunakan untuk menulis kata – kata yang merupakan turunan dari bahasa asing atau bisa juga digunakan untuk menulis sebuah nama ( nama orang, nama perusahaan, nama tempat, dll ). Lantas yang manakah yang akan kita pelajari? Keduanya.

Pada artikel kali ini saya menggunakan sistem operasi windows 7. Jika anda menggunakan sistem operasi windows XP ke bawah atau mungkin windows 8 ke atas mungkin anda akan menemukan sedikit perbedaan. Silahkan anda utak – atik saja sendiri.

Baik, marilah kita mulai tutorialnya :

1. Silahkan buka control panel

2. Klik " Change Keyboard or other input methods "


3. Lalu akan muncul jendela baru bernama " region and languange ". Klik tombol " change keyboard "


4. Berikutnya akan keluar jendela baru dengan judul " text service and input languange " kan? Silahkan anda tekan tombol " add "

 
5. Lalu akan keluar jendela baru dengan judul " add input languange ". Silahkan anda cari " japanese " lalu klik tanda plus agar keluar sub menunya. Buka lagi sub menu pada " keyboard sehingga menjadi seperti ini


Centang " japanese " dan " microsoft IME "
 
6. Tekan OK

7. Tekan OK lagi

8. Tekan OK lagi

9. Sekarang lihat pada taskbar anda. Di sana ada tulisan " in " atau " en " kan? Itu adalah bahasa default yang sedang aktif di komputer anda. Untuk merubahnya menjadi bahasa Jepang, klik saja tulisan itu hingga muncul beberapa menu. Lalu pilih " japanese "


10. Sejauh ini anda masih belum bisa mengetik menggunakan huruf kanji. Anda harus merubah dulu dari " half-widht Alphanumeric " menjadi " hiragana ", " full-width katakana ", atau " half-width katakana "







11. Nah, sekarang coba anda buka notepad atau microsoft word lalu ketikkan apa saja

Sudah berhasil kan? 
Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar