Sabtu, 10 November 2012

Penyebab dan Solusi Nyeri Saat Menstruasi



Nyeri menstruasi atau dismenore adalah hal normal yang sudah pasti dirasakan hampir semua wanita. Penyebab utamanya adalah zat yang terdapat pada lapisan rahim, namanya zat prostaglandin . Lapisan ini akan berkontraksi secara otomatis saat menstruasi sehingga menimbulkan kram. Hal ini juga menyebabkan pembuluh arteri dan pembuluh vena mengembang sehingga aliran darah haid lebih lancar. Namun dengan mengembangnya arteri dan vena bisa menyebabkan turunnya tekanan darah sehingga tubuh menjadi lemas dan terkadang kepala jadi terasa pusing.

Rasa nyeri biasanya terjadi pada wanita yang belum pernah melahirkan. Karena bukaan serviks mereka masih sempit sehingga aliran darah yang deras dapat meregangkan leher rahim. Peregangan leher rahim ini tentunya bisa menimbulkan rasa nyeri.

Namun rasa sakit itu akan berkurang ketika wanita sudah melahirkan. Karena bukaan serviks mereka sudah melebar sehingga aliran darang dapat keluar dengan lancar tanpa perlu meregangkan leher rahim. Bila anda sudah melahirkan namun tidak ada pengurangan rasa sakit saat menstruasi, saya sarankan anda untuk konsultasi ke dokter.

Berikut solusi untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi :

  • Minum air hangat
  • Tempelkan sesuatu yang hangat ke bagian perut
  • Pijat perut bagian bawah dengan ringan
  • Mandi dengan air hangat
  • Istirahat total

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar