Sabtu, 17 November 2012

Efek Samping Terlalu Lama Berdiri



Banyak orang bilang bahwa berdiri itu sehat, lebih sehat daripada duduk. Ya, saya percaya akan pernyataan itu. Hanya saja saya ingat kalau segala sesuatu yang memiliki dampak positif pasti juga memiliki dampak negatif. Termasuk aktivitas manusiawi yang satu ini.

Berdiri memang terbukti secara medis bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, tapi sadarkah anda berdiri dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan anda jika terlalu lama dilakukan. Bagi anda yang bekerja sebagai sales, SPG, doorman, DJ, guru, atau profesi lainnya yang mewajibkan anda untuk berdiri berjam – jam ... waspadalah.

Berdiri terlalu lama terbukti bisa menyebabkan timbulnya penyakit varises ( biasanya muncul tanda – tanda urat di telapak kaki terlihat jelas ). Varises bukanlah penyakit sepele, varises dapat merangsang munculnya radang pembuluh darah. Radang pembuluh darah ini akan membuat anda merasakan sakit yang luar biasa saat berdiri.

Belum lagi otot anda akan menjadi kaku apabila anda terlalu lama berdiri. Mengapa bisa kaku? Tentu karena otot – otot ekstremitas bawah ( otot – otot yang terdapat di pinggang, paha, betis, sampai telapak kaki ) anda terlalu lama berkontraksi. Otot yang kaku ini bisa mengakibatkan aliran darah di tubuh anda menjadi tidak lancar.

Selain itu terlalu lama berdiri juga bisa menyebabkan kerusakan pada ligamen ( struktur pengikat otot tulang ) yang akhirnya akan menimbulkan penyakit rematik degeneratif.

Lantas bagaimana caranya untuk menghindari efek samping dari berdiri terlalu lama? Berikut saya berikan sedikit tipsnya :

  • Beristirahatlah kurang lebih selama 5 menit setelah berdiri 30 menit . Atau jika anda tidak punya waktu untuk beristirahat, tekukkan saja kaki anda sejenak dan cobalah untuk merilekskan otot – otot di seluruh tubuh anda. Mulai dari leher, bahu, pergelangan tangan, hingga pergelangan kaki. Toh hal ini bisa dilakukan sambil tetap berdiri.
  • Jangan gunakan sepatu hak tinggi. Gunakanlah alas kaki yang membuat tubuh anda rileks. Bisa saja alas kaki yang lunak atau alas kaki yang terbuat dari bahan yang lembut.
Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar