Minggu, 18 November 2012

Penyebab Kemacetan



Kemacetan adalah salah satu warna kehidupan di perkotaan. Memang, rasanya cukup sulit menghilangkan kemacetan di jaman sekarang ini. Semua orang ingin serba cepat, sehingga rasanya kita perlu memikirkan peluang munculnya inovasi baru " lalu lintas udara ". Seperti yang kita tahu, udara itu luas sekali. Rasanya mustahil terjadi kemacetan di udara.

Namun sebelum berpikir jauh kesitu, alangkah baiknya kita pikirkan dulu sebenarnya apa yang menyebabkan lalu lintas darat ini sering sekali dilanda kemacetan? 

1. Volume Kendaraan


Volume kendaraan yang melebihi kapasitas jalan menyebabkan kendaraan harus berdesak – desakan. Salah satu penyebab meningkatnya volume kendaraan bermotor adalah karena berbagai perusahaan motor memberikan diskon besar – besaran serta kemudahan kredit. Nah, ini juga merupakan salah satu hal yang harus dipikirkan pemerintah, bagaimana caranya agar masyarakat tidak beralih menggunakan kendaraan pribadi.

2. Kendaraan umum


Kendaraan umum menjadi kendala terbesar dalam kemacetan perkotaan. Seharusnya kendaraan umum menjadi alternatif kemacetan, namun masyarakat tidak mau menggunakan kendaraan umum karena beberapa aspek :
  • Kurang nyaman
  • Kurang aman
  • Kurang tepat waktu
  • Terkadang supirnya ugal – ugalan
  • Pengeluarannya lebih besar ketimbang memakai kendaraan pribadi
3. Pedagang Kaki Lima





Terkadang pedagang kaki lima bisa " tumpah " hingga ke jalan raya sehingga jalan menjadi macet. Nah, seharusnya pemerintah memikirkan bagaimana caranya agar para pedagang kaki lima ini tidak membuka lapak di sembarang tempat. Misalnya dengan membuka satu wilayah khusus pedagang kaki lima.
 


Baiklah cukup sekian artikel singkat saya kali ini. Ada yang mau menambahkan?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar