Rabu, 21 November 2012

Tips Menghadapi Banjir



Wah, tidak terasa musim kemarau telah berganti musim hujan. Rasanya baru kemarin memikirkan masalah kekeringan, sekarang sudah mulai memikirkan masalah banjir. Ya, rasanya hampir semua orang menghawatirkan wilayahnya banjir. Pada pasalnya di jaman sekarang banjir tidak hanya menyerang kawasan dataran rendah, tetapi juga dataran tinggi. Jadi alangkah baiknya kita semua waspada akan hadirnya air yang menggenangi rumah kita.

Lantas apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara menghadapi banjir? Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tips – tips jitu untuk menghadapi bencana air bah yang sudah merambah banyak wilayah di Indonesia :

  • Sebelum terjadi banjir, alangkah baiknya anda mengecek gorong – gorong dan selokan di sekitar rumah anda. Bila ada banyak sampah yang sekiranya bisa menyumbat aliran air, cepat – cepat anda bersihkan. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya banjir.
  • Pindahkan barang – barang berharga ke tempat yang lebih tinggi. Jika rumah anda memiliki 2 lantai maka pindahkan barang – barang penting ke lantai 2. Pencegahan ini berguna agar ketika banjir terjadi anda tidak akan terlalu panik.
  • Siapkan alat – alat anti air dan alat – alat penyelamat saat banjir seperti ban, perahu karet, dll.
  • Ketika banjir terjadi, hal utama yang harus anda perhatikan adalah aliran listrik, gas, dan toilet. Ketiga hal ini pasti akan menjadi sumber masalah saat banjir. Nah, silahkan anda pikir sendiri bagaimana cara menjaga ketiga hal itu dari air.
  • Siapkan obat – obatan karena biasanya banjir akan membawa banyak bibit penyakit.
  • Mengungsi adalah jalan keluar terakhir jika genangan air sudah terlampau tinggi. Namun, berhati – hatilah saat anda meninggalkan rumah, siapa tahu ada orang yang berniat merampok barang – barang di rumah anda ketika penghuninya tidak ada di tempat.
  • Saat banjir berakhir, segeralah bersihkan rumah anda. Jangan biarkan ada lumpur yang mengendap di lantai rumah anda karena lumpur itu tidak akan lama lagi akan langsung mengeras dan menempel di lantai secara permanen alias sulit di bersihkan.
  • Berhati – hatilah akan munculnya hewan berbisa. Karena biasanya setelah banjir hewan – hewan semacam ular atau kalajengking akan keluar dari sarangnya.
  • Bergotong royonglah bersama tetangga di sekitar rumah anda. Selain pembersihan rumah menjadi lebih cepat, anda juga bisa sekalian bersilaturahmi antar tetangga.

 

Baiklah saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini tentang tips menghadapi banjir. Semoga bermanfaat ya, salam sahabat inspiratif!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar