Rabu, 21 November 2012

Tips agar Jalan Kaki Lebih Menyehatkan



Baru beberapa hari saya memposting 20 manfaat jalan kaki, email saya langsung dihantui pesan dari salah satu sahabat inspiratif,

" Mas Sayoga, saya adalah seorang guru. Jarak antara rumah saya dengan sekolah tempat saya mengajar tidak begitu jauh. Mungkin sekitar 1 km. Sehingga saya setiap hari pulang pergi dengan berjalan kaki. Sudah 8 tahun saya berjalan kaki terus setiap hari hanya saja manfaat yang saya rasakan tidak begitu sesuai dengan artikel anda yang berjudul " 20 manfaat jalan kaki ". Penyakit hipertensi saya tidak kunjung membaik. Apakah ada yang salah? "

Baiklah, mungkin saja artikel saya yang salah. Namun sebenarnya ada beberapa hal yang dapat mengurangi manfaat jalan kaki pada kesehatan. Berikut beberapa diantaranya :

1. Jalan Terlalu Lambat

Jalan terlalu lambat biasanya tidak akan membuat detak jantung anda berdetak lebih cepat. Itu artinya anda tidak berolahraga. Percuma kan?

2. Jalur yang Landai / Menurun

Bila anda berjalan melalui jalan yang landai, maka otot – otot yang ada di kaki anda tidak akan berkontraksi. Bahkan menurut teman saya jalan di jalur yang landai / menurun ( bisa saja seperti menuruni tangga ) bisa merusak sendi. Saya tidak menjamin fakta rusaknya sendi ini benar adanya, namun ini adalah perkataan teman saya yang kuliah jurusan biologi.

3. Alas Kaki yang Buruk

Penelitian membuktikan bahwa penggunaan alas kaki yang buruk juga bisa merusak kesehatan. Seperti yang anda tahu, pada telapak kaki terdapat banyak saraf yang terhubung ke lambung, jantung, hingga ginjal. Nah, jika anda menggunakan alas kaki yang kurang baik biasanya akan menekan – nekan saraf tersebut. Beruntunglah jika hal itu malah jadi penyembuh bagi organ – organ dalam anda. Lha kalau ternyata malah memperburuk?

4. Tidak Rutin

Setahu saya berjalan kaki jika dilakukan secara tidak rutin tidak akan menimbulkan efek apapun pada kesehatan. Namun saya rasa poin ini bukan penyebab dari masalah yang dialami Pak Guru diatas ... toh ia jalan kaki secara rutin setiap hari.


Baik, itulah 4 penyebab manfaat jalan kaki jadi tidak begitu terasa. Kalau begitu bagaimana caranya agar jalan kaki jadi terasa manfaatnya bagi kesehatan?

  • Cobalah berjalan di jalur yang menanjak
  • Gunakan alas kaki yang senyaman mungkin
  • Lakukan secara rutin
  • Cobalah berjalan dengan sedikit dipercepat. Ingat, bukan berlari tapi jalan agak cepat. Setidaknya hindari jalan yang terlalu santai
Nah, itulah dia beberapa tips dari saya. Semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar