Selasa, 20 November 2012

Tips Berkomunikasi dengan Orang Asing



Hampir semua orang mampu berbahasa asing. Toh kini bahasa asing telah menjadi standar kompetensi dasar di sekolah – sekolah umum, tidak hanya bahasa daerah saja. Mungkin pemerintah mengira orang yang belajar bahasa asing di sekolah akan mampu berbicara menggunakan bahasa asing. Namun menurut saya itu salah besar.

Bahasa asing yang dipelajari di sekolah hanyalah memperdalam grammar, tenses, dll. Intinya kompetensi dasar di sekolah hanyalah memuat materi reading dan writing saja. Memang, ada juga listening dan speaking ... hanya saja menurut saya kedua materi tersebut kurang ditekankan, padahal seharusnya listening dan speakinglah yang akan menjadi senjata agar bisa berkomunikasi dengan orang asing, bukannya reading dan writing.

Alhasil anak – anak sekolahan di negara kita bersusah payah belajar bahasa asing tanpa bisa berkomunikasi dengan lancar. Menurut saya hal ini sama saja dengan membuang – buang waktu.

Lantas jika anda tidak memiliki kemampuan berbicara menggunakan bahasa asing dengan lancar, apa yang harus anda lakukan? Sedangkan anda sudah sekian tahun bersekolah menghabiskan waktu mempelajari rumus – rumus baku yang anda sendiri tidak mampu menggunakan rumus tersebut secara spontan? Apakah anda akan lari saat ada turis yang menanyakan lokasi suatu tempat pada anda?

Baiklah, sekarang akan saya berikan sedikit tips berkomunikasi dengan orang asing agar anda tidak terlalu kaku.

1. Latihan

Latihlah pengucapan – pengucapan dalam bahasa asing dengan rekan anda secara rutin. Karena bahasa itu skill, bukan knowledge. Jadi anda harus banyak berlatih, bukannya banyak menghafal.

 2. Gunakan Bahasa Internasional

Jangan memaksakan diri berbicara dengan bahasa Jepang dengan seorang turis dari Jepang. Jangan memaksakan diri berbicara dengan bahasa Jerman dengan seorang turis dari Jerman. Gunakan saja bahasa Inggris US alias bahasa Internasional. Tentunya agar komunikasi berjalan lebih lancar dan agar anda tidak gelagapan.

3. Jangan Memaksakan Diri

Jangan memaksakan diri berbicara dengan bahasa asing jika anda tidak begitu menguasainya. Jangan sampai anda berbicara asal – asalan alias ngelantur, siapa tahu kata – kata yang anda ucapkan itu menyinggung hati lawan bicara. 

4. Jangan Malu Mengatakan bahwa Anda Tidak Paham

Jangan malu untuk katakan " What do you say? " atau " I`m sorry, I can`t understand your languange. Can you speak in bahasa? ". Atau mungkin jika anda tidak mampu berkata seperti itu coba geleng – gelengkan kepala anda, biasanya orang asing akan langsung mengerti bahwa anda tidak paham bahasa mereka.

5. Minta Ulangi jika Telinga Anda Lambat Merespon

Terkadang orang asing berkata terlalu cepat sehingga telinga anda tidak bisa menangkap apa yang dibicarakan lawan bicara. Suruh lawan bicara anda mengulanginya sekali lagi dengan tempo yang lebih lambat. Tidak usah malu.

6. Jangan Tegang

Usahakan agar anda tidak memasang ekspresi orang yang sedang ketakutan atau kebingungan. Bicaralah dengan ekspresi santai seolah - olah anda sudah mahir berbicara dengan orang asing. Karena jika anda memasang wajah panik saat berbicara, maka lawan bicara anda pun tidak akan merasa nyaman mendengar pembicaraan anda.

 

Nah, sekian beberapa tips dari saya. Mudah – mudahan sekarang anda semakin mahir menghadapi orang asing. Semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar