Senin, 19 November 2012

Tips Meningkatkan Produktivitas di Depan Komputer



Sudah sekian tahun lamanya saya banyak melakukan aktivitas di depan komputer saya. Memang, rasanya begitu banyak hal yang bisa saya lakukan di depan komputer dibanding di dunia luar. Saya yakin bahwa komputer adalah alat yang bisa meningkatkan produktivitas seseorang.

Namun semakin lama saya merasakan ada sedikit keanehan dalam produktivitas saya. Produktivitas saya bukannya semakin membaik malah semakin menurun. Saya jadi lebih senang bermalas – malasan di depan komputer. Awalnya saya biarkan saja kebiasaan buruk saya ini, namun lama kelamaan saya merasa membuang - buang waktu di depan komputer tanpa melakukan sesuatu yang bermanfaat. Akhirnya saya coba telusuri apa yang menyebabkan produktivitas saya menurun di depan komputer.

Akhirnya saya menemukan penyebab dan penanggulangannya. Nah, berdasarkan penelitian sederhana itulah saya terinspirasi untuk menulis artikel ini. Berikut tips – tips agar produktivitas anda meningkat di depan komputer :

1. Hapus Game

Hapus semua game yang ada di komputer anda. Sisakan mini game saja semacam solitaire, chess titans, atau mungkin pinball. Dengan begitu saya berani jamin produktivitas anda di depan komputer akan meningkat.

2. Pasang Wallpaper Motivator

Wallpaper desktop adalah tampilan pertama yang anda lihat saat anda menyalakan komputer. Mungkin anda terbiasa menggunakan wallpaper pemandangan alam atau mungkin gambar kartun. Mulai sekarang ganti wallpaper desktop anda dengan foto orang tua anda, kekasih anda, atau mungkin anak anda. Ingatlah seberapa keras orang tua anda mendidik anda, apakah anda akan menjadi orang biasa yang kerjaannya hanya bermain game dan nonton film? Secara tidak sadar ketika menyalakan komputer anda akan terus termotivasi untuk produktif. 

3. Hapus Film yang Sudah Ditonton

Saya yakin pasti cukup banyak sahabat inspiratif yang punya kebiasaan memenuhi kapasitas harddisk dengan film – film bajakan. Saya sarankan mulai sekarang berhentilah menyimpan film – film di harddisk. Ketika film itu sudah ditonton, anda tidak perlu memendamnya di harddisk. Hapus saja. Biarkan harddisk anda penuh dengan pekerjaan – pekerjaan anda, bukannya penuh dengan hiburan saja.

4. Pelajari Skill Baru

Bayangkan jika kemampuan anda hanyalah mengetik sepuluh jari, software yang anda kuasai hanyalah microsoft word atau open office writer. Anda pasti akan banyak bengong di depan komputer dan akhirnya mencari game – game yang tidak akan membuat anda produktif. Ilmu komputer itu luas, coba pelajari desain grafis, pemrograman, atau multimedia. Niscaya anda akan mengurangi aktivitas anda bersama game.

5. Kurangi Penggunaan Sosmed

Sosmed atau sosial media atau kita biasa menyebutnya jejaring sosial layaknya kita hindari. Bukannya tidak boleh untuk menggunakannya, hanya saja kurangi pemakaian secara berlebih. Gunakan jejaring sosial sewajarnya saja, setidaknya hanya sekedar untuk berkomunikasi dengan rekan anda atau mungkin untuk mempromosikan produk anda.

 

Nah, baiklah sahabat inspiratif, mulai sekarang ayo kita bebenah diri menjadi individu yang produktif dan bermanfaat bagi orang lain. Enjoy!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar