Senin, 24 Desember 2012

Efek Samping Mengkonsumsi Susu



Bagi beberapa orang minum susu adalah suatu aktivitas yang wajib dilakukan pada pagi hari atau malam hari dengan tujuan menambah tinggi badan atau menambah daya tahan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri. Rasanya fakta itu memang tidak dapat dipungkiri. Namun kenyataannya tidak ada satupun di dunia ini yang sempurna. Hal apapun yang memiliki banyak kelebihan pasti memiliki kekurangan. Termasuk susu.

Awalnya saya juga berpikir bahwa susu itu adalah salah satu minuman yang khasiatnya luar biasa bagi tubuh manusia. Tetapi setelah saya cari tahu lebih dalam lagi, ternyata susu juga memiliki efek samping terhadap tubuh kita. Berikut beberapa efek samping dari mengkonsumsi susu :

1. Memicu Alergi Susu



Apakah anda pernah melihat seorang anak yang tidak mau meminum susu padahal orang tuanya suka minum susu? Saya rasa anda pernah melihat atau bahkan mengalami kejadian seperti itu. Beberapa anak berkata bahwa susu itu rasanya tidak enak. Padahal kenyataannya susu itu rasanya manis. Apa yang salah? Kemungkinan besar hal tersebut disebabkan alergi susu. Apa yang menyebabkan anak terkena alergi? Akan saya jelaskan.

Susu ( terutama susu sapi ) mengandung protein susu sapi yang jika dikonsumsi berlebih akan membentuk antibodi susu sapi. Diibaratkan anda terlalu sering mengkonsumsi susu maka antibodi susu sapi akan terbentuk dalam tubuh anda.

Memang, antibodi ini tidak akan berdampak apapun pada tubuh anda, namun antibodi ini akan berdampak pada anak – anak anda kelak. Antibodi susu ini akan secara otomatis terbentuk dalam tubuh anak – anak anda hingga anak – anak anda akan merasakan rasa yang tidak enak jika tubuhnya dimasuki zat apapun yang mengandung susu. Ujung – ujungnya anak anda akan selalu menolak ketika disuruh minum susu dengan alasan 'rasanya tidak enak' meskipun susu tersebut rasanya sangat enak.

2. Mengurangi Elastisitas Pita Suara



Ternyata zat susu yang masuk juga berkemungkinan besar membasahi pita suara. Entah lebih detailnya lagi saya kurang tahu, yang jelas setelah membasahi pita suara, zat susu ini akan mengeras dan akan mengurangi elastisitas pita suara. Semakin sering pita suara terlapisi zat susu maka pita suara anda benar – benar tidak akan lentur lagi. Jika hal itu sudah terjadi maka anda tidak akan bisa bernyanyi dengan merdu lagi.

3. Penawar Obat



Pernahkah anda merasakan jatuh sakit lalu minum obat secara berkala tetapi kesehatan anda tidak membaik sama sekali? Jika hal itu terjadi apakah anda akan menyalahkan dokter yang memberi obat? Atau anda akan menyalahkan obatnya? Berhati – hatilah, kemungkinan besar penyebab hilangnya reaksi obat – obatan adalah zat susu. Tak percaya? Akan saya jelaskan.

Obat adalah racun patogen ( racun yang sudah dilemahkan ). Racun ini tidak akan bereaksi dalam tubuh, tetapi akan memicu antibodi terbentuk lebih banyak lagi sehingga virus yang ada di dalam tubuh dapat dilawan. Bagi orang – orang yang sedang sakit, minum obat bisa menyembuhkan penyakitnya. Namun bagi orang yang tidak sakit, obat ini bisa menjadi racun dan memicu terjadinya penyakit.

Nah, zat susu termasuk zat penetralisir racun. Dengan mengkonsumsi susu maka racun jenis apapun yang terdapat di pencernaan anda akan langsung ternetralisir. Seperti yang kita tahu, obat adalah racun. Sehingga jika ada zat susu yang masuk ke dalam tubuh, zat susu tersebut akan menetralisir obat yang sudah dikonsumsi sebelumnya. Alhasil obat yang sudah anda konsumsi itu tidak akan menimbulkan reaksi apapun terhadap tubuh anda.

4. Pemicu Nyeri Lambung



Ternyata pada beberapa merk susu terkandung zat asam yang bisa memicu produksi asam lambung meningkat. Produksi asam lambung yang berlebih dapat menyebabkan nyeri pada lambung atau bahkan penyakit maag.


Saya bukannya ingin melarang anda mengkonsumsi susu, hanya saja saya ingin menyadarkan anda bahwa sebenarnya susupun punya efek samping yang tidak sepele. Maka dari itu, kita harus bijaksana mengkonsumsi susu. Berapapun usia anda, minum susu itu penting untuk kesehatan tulang dan perkembangan tubuh anda. Namun ingat, mengkonsumsi susu secara berlebih juga tidak baik bagi kesehatan anda.

Semoga bermanfaat, salam sahabat inspiratif!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar