Sabtu, 13 Oktober 2012

Tips Agar Kuat Begadang



Memang, begadang bukanlah aktivitas yang baik. Saya sudah pernah menyinggungnya pada artikel terdahulu saya yang berjudul Dampak Negatif Begadang. Namun ada kalanya anda harus mengurangi jam tidur anda karena tugas – tugas kantor atau tugas – tugas sekolah yang harus anda selesaikan.

Pada artikel tips kali ini saya akan membahas tips – tips agar anda kuat menghadapi rasa kantuk semalaman. Sehingga anda tetap bisa produktif saat bekerja di malam hari. Sebenarnya saya sudah pernah membahasnya pada artikel terdahulu saya tentang tips mengurangi rasa kantuk, jadi sebenarnya ini adalah tips tambahannya :)

1. Banyak Minum


Minuman yang paling baik adalah air putih. Mengapa? Karena salah satu penyebab munculnya rasa kantuk ialah kekurangan oksigen pada otak. Nah, air putih ini mengandung banyak oksigen sehingga rasa kantuk anda bisa berkurang. Mungkin bagi beberapa orang minuman yang paling pas saat begadang adalah kopi. Namun harus saya tekankan sekali lagi, setiap orang memiliki respon fisik yang berbeda setelah minum kopi. Ada yang jadi tahan begadang, dan ada juga yang tetap mengantuk.

2. Sediakan Cemilan


Sediakanlah cemilan – cemilan ringan atau permen. Setidaknya kegiatan mengunyah makanan bisa mengurangi rasa kantuk di malam hari.

3. Jaga Asupan Gizi


Begadang bisa menurunkan kesehatan anda. Maka dari itu, jaga asupan makanan. Pastikan sayur mayur dan buah – buahan yang bergizi masuk ke tubuh anda, supaya anda tidak mudah terserang penyakit.

4. Olahraga


Selain menjaga asupan gizi, anda juga harus rutin berolahraga supaya keadaan fisik anda tidak mudah down saat begadang.

5. Jangan Memaksakan Diri


Inilah tips terakhir sekaligus tips yang paling penting. JANGAN MEMAKSAKAN DIRI UNTUK BEGADANG! Bila anda merasa keadaan tubuh anda tidak mendukung untuk begadang di malam hari, maka tidurlah! Utamakan kesehatan anda!

Sekian artikel tips kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi para pekerja yang sering sekali lembur. Salam sahabat inspiratif!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar